Properti Tidak Muncul di Google Disavow Links? Ini Cara Mengatasinya!
Properti Tidak Muncul di Google Disavow Links? Ini Cara Mengatasinya!

Jadi ceritanya pada saat itu saya sedang ingin melakukan disavow pada link-link yang tidak berkualitas untuk blog ini. Hal ini saya lakukan karena melihat ternyata spam score untuk blog Kode Jarwo ini cukup tinggi, yaitu kisaran 11%.

Sedikit kaget.

Setelah telusur demi telusur, ternyata penyebab dari kenaikan Spam Score ini ini adalah: saya pernah menggunakan jasa Backlink / beli Backlink.

Ya, itu penyebabnya.

Banyak bukti yang saya dapatkan, sehingga saya bisa menyimpulkan demikian. Mulai dari adanya backlink-backlink dari situs web profile, backlink yang berbentuk seperti spam, hingga laporan dari salah seorang client Jasa Komplit 3 in 1 saya yang mengalami hal serupa setelah menggunakan jasa backlink tadi.

Memang, 11% bukanlah termasuk skor yang tinggi, tetapi sedang saja. Namun dampaknya sangat berpengaruh untuk blog-blog saya. Antara lain seperti turunnya beberapa postingan saya dari SERP, Alexa yang semakin gendut lagi, hingga penurunan trafik hingga 50%.

Oke, lanjut ke topik awal.

Setelah domain yang ingin saya disavow sudah siap, ketika membuka halaman search console nya, ternyata yang saya dapatkan seperti ini:

Properti hilang/tidak muncul di Google Disavow Link
Kotaknya kosong persis seperti hati saya. Properti situs saya tidak muncul satupun di situ.

Sempat kebingungan, sampai saya memverifikasi ulang menggunakan tag HTML yang ditaruh di head gitu, akhirnya saya nyerah. Lalu saya mulai berkeliling di forum webmaster, akhirnya ketemu juga solusinya. Ini dia caranya:

Mengatasi properti situs kosong/tidak muncul di Google Disavow Links


  • Pertama, buka terlebih dahulu Google Search Console.
  • Nanti, anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu Domain dan Awalan URL (Prefix URL).

Halaman awal pendaftaran properti di Google Search Console

  • Sekarang, masukkan URL lengkap dari situs yang ingin anda lakukan disavow tadi, misal https://blog.kodejarwo.com. Kemudian tekan TERUS.
  • Bila anda disuruh untuk memverifikasi kepemilikan situs, ikuti semua langkahnya. Lalu kalau sudah, buka properti anda. 
  • Sekarang buka halaman Google Disavow Links nya. Pasti domain anda sudah tertera di sana.

Properti di Google Disavow Link

Bagaimana? Mudah saja bukan? Cara ini saya dapatkan di sebuah thread Webmaster Community.

Ngomong-ngomong, menurut saya melakukan disavow pada link-link yang memberikan dampak negatif untuk situs anda sangatlah penting, karena link-link negatif tadi bisa berdampak serius untuk situs anda, seperti menurunnya performa, trafik menurun, postingan sulit page one, hingga berakibat pada penurunan penghasilan. Tutorial seputar cara disavow backlink pernah saya bahas pada artikel berikut: Cara Disavow Link Kualitas Rendah Dengan Google Disavow Tools.

Sekian cara untuk menampilkan properti pada Google Disavow Link, semoga bermanfaat.