Cara Disavow Link Kualitas Rendah Dengan Google Disavow Tools
Cara Disavow Links

Sesuai dengan request teman-teman, kali ini saya ingin membagikan tutorial serta panduan untuk cara melakukan disavow link atau backlink dengan kualitas rendah dengan menggunakan tool Google Disavow. Sebelum lanjut ke caranya, ada baiknya kita memahami dulu apa itu disavow link.

Pengertian Disavow Link (DL)


Disavow link merupakan sebuah cara yang dapat kita lakukan yang bertujuan untuk menghilangkan backlink tidak berkualitas atau negatif dari website kita. Jadi, bila kita mendaftarkan sebuah web lain (sebut saja web XYZ) yang memberikan backlink jelek terhadap web kita, maka semua backlink dari web XYZ untuk web kita akan "tidak dihiraukan" oleh Google.

Apa kegunaan atau fungsi dari Disavow Link?


Seperti yang kita ketahui, mesin pencari seperti Google masih menggunakan algoritma backlink untuk menentukan rangking di hasil pencarian alias SERP (Search Engine Results Pages). Semakin banyak backlink positif dari web lain, semakin besar juga peluang sebuah website akan menempati posisi pertama di SERP.

Nah kebalikannya, semakin banyak backlink negatif dari web lain, semakin tenggelam web tersebut dari SERP...

Selain itu juga ada banyak sekali orang yang berbuat curang dan melakukan teknik ilegal demi mengalahkan kompetitornya di SERP, seperti memberi backlink negatif ke website kompetitor. Hal ini tentu sangat tidak dibolehkan, karena dianggap cara curang dan tidak adil.

Dengan melakukan disavow link jelek, backlink-backlink negatif alias tidak berkualitas dari web lain tadi dapat kita hapus, sehingga tidak memengaruhi web kita di SERP.

Bagaimana cara cek backlink negatif / tidak berkualitas?


Seperti yang diberi tau oleh Google, mesin pencari akan menganggap suatu website memiliki backlink negatif bila website tersebut mendapatkan backlink dari:

  1. Hasil membeli
  2. Tukar link / link exchange / partner link
  3. Website terlarang/ilegal, seperti web atau situs:
    - Dewasa
    - Nark*ba
    - SPAM
    - Penjualan barang ilegal
    - Download ilegal / crack
    - dan segala jenis yang berbau ilegal lainnya...
  4. Website kedaluwarsa dan berisi malware
  5. Website yang terkena deindeks oleh Google
  6. Website yang tidak mematuhi aturan Google


Untuk mengetahui semua backlink yang menuju ke situs anda, anda dapat melihatnya di Webmaster Console. Bagi yang belum tau, silakan anda buka terlebih dahulu Search Console, kemudian ke bagian Lalu Lintas Penelusuran > Tautan ke Situs Anda. Nanti akan muncul kumpulan backlink ke web anda seperti pada contoh dibawah ini:

List BL dari Webmaster

Sekarang anda lihat dan kunjungi satu per satu alamat web yang tertera disana, dan catat di sebuah notepad situs mana yang harus anda berlakukan disavow link nantinya.

Bagaimana cara melakukan Disavow Link?


Caranya mudah saja, silakan anda ikuti panduan berikut ini, jangan sampai ada yang ketinggalan ya..

1. Membuat file untuk DL



  • Sekarang silakan anda buka notepad, lalu tuliskan dengan format seperti pada contoh gambar dibawah ini:

Pembuatan Format File

# Contacted owner of these websites, but got no response
domain:nama-domain-1.com
domain:nama-domain-2.com


  • Ganti tulisan yang beri warna kuning dengan alamat website yang ingin anda disavow (alamat web yang sudah anda dapatkan dari Webmaster Search Console tadi)
  • Tulisan "Contacted owner of these websites, but got no response" hanya kata pembuka saja, bisa diganti dengan kata-kata anda sendiri.
  • Lalu, save file tersebut dengan format .txt. Beri nama terserah anda, pada tutorial kali ini saya beri contoh namanya: kodejarwo-disavow.txt


2. Melakukan DL



Pemilihan properti web

  • Pada bagian kotak link diatas, silakan anda pilih website milik anda yang ingin diberlakukukan disavow. Kemudian, tekan tombol Disavow Links.
  • Nanti akan muncul lagi kotak seperti ini:

Memulai DL

  • Tekan Disavow Links lagi. Nanti akan muncul sebuah box seperti ini:

Memasukkan file


  • Tekan tombol Choose File, dan pilih file berformat txt yang sudah kita buat pada langkah pertama tadi. Contohnya kalau punya saya tadi bernama kodejarwo-disavow.txt
  • Tekan submit.
  • Selesai. Nanti akan muncul box baru bertuliskan seperti ini bila file sudah berhasil terkirim ke Google:

Tanda kalau sudah sukses

Bagaimana? Mudah saja bukan? Semoga dengan mengikuti panduan diatas link-link negatif yang mengarah ke website anda akan segera hilang.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.