Page Speed Selalu Unavailable di PageSpeed Insights? Pakai Origin!
Kecepatan loading suatu web atau blog memang merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena sangat berkaitan erat dengan SEO. Bukan hanya mempercepat proses index dan ranking factor, loading juga dapat membuat pengunjung nyaman.

Salah satu tool yang paling terkenal untuk mengecek seberapa cepat loading blog anda adalah Google PageSpeed Insights atau lebih sering saya singkat PSI. PageSpeed Insights tidak hanya menampilkan skor, tetapi ia juga menampilkan saran optimasi, page stats, screenshot tampilan blog, hingga data real dari User Chrome.

Seperti namanya, data real ini merupakan skor yang didapatkan dari hasil real atau nyata dari pengalaman pengguna browser Chrome. Jadi skor yang tampil merupakan penilaian browser yang membuka blog tersebut, bukan hasil tool.


Nah yang menjadi masalah ialah, biasanya skor ini tidak tampil atau hanya bertuliskan Unavailable. Sebenarnya cara mengatasinya sudah pernah saya bahas pada artikel berikut ini: Solusi Untuk Kecepatan Yang Unavailable Di Google PageSpeed Insights. Tetapi setelah ada update beberapa waktu lalu, ada trik khusus yang dapat anda lakukan untuk melihat data FCP dan DCL tanpa perlu memerlukan blog dengan trafik tinggi.

Bagaimana caranya?

Yaitu cukup dengan menambahkan url origin: tepat didepan url saat anda mengecek di PSI. Kalau kurang ngerti, coba lihat gambar dibawah ini:


Kekurangan dari menggunakan cara ini hanya 1, yaitu skor yang kurang akurat. Sampai sekarang saya tidak menggunakan Page Speed untuk mengukur kecepatan blog, saya cukup menggunakan patokan dari skor Optimization yang berada di sebelahnya, atau melalui Full load di GTmetrix.

Selain itu cara ini juga tidak berlaku bagi blog baru atau blog yang status index nya masih sedikit di Google.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.

EZ Kode Jarwo
EZ
# 30 Juli 2018 01.07

mantap djiwa...!!!

Balas