Solusi Untuk Kecepatan Yang Unavailable Di Google PageSpeed Insights
Solusi Untuk Kecepatan Yang Unavailable Di Google PageSpeed Insights

Akhir-akhir ini Google memang lagi giat melakukan update secara berkala kepada algoritma mesin pencari dan produk-produk yang telah ia buat. Salah satu produknya ialah Google PageSpeed Insights yang update Januari lalu.

Update pada PageSpeed kali ini memiliki banyak perubahan, baik cara kerja maupun tampilan dan fitur. Salah satu fitur barunya ialah data Kecepatan di sebelah Skor.

Contoh data kecepatan di PageSpeed Insights

Kecepatan ini menampilkan data seputar FCP dan DCL dari blog terkait. Semakin cepat, semakin bagus pula skor dan rank (Fast/Slow) anda di PageSpeed Insights.

Yang sering ditanyakan dan menjadi perbincangan di kalangan pemilik web atau blog adalah, terkadang skor dari tab Kecepatan di PageSpeed Insights tidak muncul, alias bertuliskan Unavailable atau tidak tersedia. Contohnya seperti ini:

Data Kecepatan PSI Blog Kode Jarwo Masih Unavailable

Tidak semua blog atau situs yang dicek menampilkan hasil unavailable, beberapa blog lainnya seperti Kompi Ajaib dan Mastimon serta Google skor kecepatannya muncul.

Ada beberapa faktor penyebab yang membuat skor kecepatan menjadi Unavailable di PageSpeed Insights. Sebagaimana yang saya baca dari PSI FAQ, berikut faktor-faktornya.

Faktor penyebab Kecepatan Unavailable di PageSpeed Insights


1. Trafik Blog yang masih sedikit.


Yang pertama dan menurut saya paling penting ialah trafik blog anda kurang memadai. Berdasarkan hasil pengamatan saya di Grup Blogger Indonesia, saya melihat rata-rata blog yang masih memiliki Page View dibawah 10.000 perhari atau visitor kisaran dibawah 7.000 perhari, kecepatan di PSI nya masih Unavailable.

Berbeda dengan blog-blog besar yang mempunyai trafik diatas 10.000 perhari bahkan ratusan ribu seperti Mastimon, Kompi Ajaib, dan Arlina Design. Blog-blog tersebut jika di cek di PSI, maka kecepatan dan DCL serta FCP nya akan muncul.

2. Blog baru, masih sedikit artikel, apalagi yang terindeks


Kemudian yang kedua adalah artikel anda masih sedikit yang terindeks oleh Google. Sesuai dengan pengamatan saya juga, blog-blog yang masih tergolong baru dan artikelnya sedikit, pasti tab kecepatannya masih menunjukkan unavailable.

Terlebih, artikel-artikel anda masih belum terindeks oleh mesin pencari. Saya bisa pastikan 99% kecepatan anda masih unavailable.

3. Belum dikenal/populer oleh mesin pencari


Yang terakhir adalah blog atau website anda belum populer atau dikenal baik oleh mesin pencari. Berikut kutipan yang saya dapat dari FAQ PSI:

PSI menggunakan data dari Laporan Pengalaman Pengguna Chrome, yang memberikan data kecepatan untuk URL populer yang dikenali oleh web crawler Google.

Pada kalimat yang saya bold, terdapat tulisan "untuk URL populer".

Ini berarti, secara otomatis URL yang sudah populer oleh web crawler Google kemungkinan besar data kecepatan di PageSpeed Insights sudah muncul. Hal ini juga didasarkan dari CrUX (Chrome User Experience) dari situs tersebut.

Seharusnya, tanpa saya jelaskan lagi anda sudah mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan agar data kecepatan situs web atau blog anda muncul di PageSpeed Insights, dengan cara membalikkan faktor-faktor penyebab diatas..

Tapi bagi yang belum tau, berikut caranya.

Cara agar data Kecepatan di PageSpeed Insights muncul


1. Perbanyak trafik, terutama trafik organik


Kebalikan dari poin pertama pada faktor penyebab diatas, anda harus memperbanyak trafik organik untuk blog anda agar data kecepatan bisa muncul. Cara-cara yang dapat anda lakukan agar mendapatkan trafik antara lain:

  • Buat artikel original
  • Pastikan tingkat saingan rendah di mesin pencari
  • Gunakan tag heading semaksimal mungkin bagi SEO
  • Selalu update artikel, minimal 2 kali seminggu
  • dan lain-lain...

Dengan mengikuti cara diatas, lambat laun trafik blog anda akan naik secara perlahan.

2. Perbanyak artikel yang berkualitas


Artikel yang berkualitas dapat membuat artikel anda mudah terindeks dan masuk ke pageone di SERP, sehingga hal ini dapat mendatangkan dua keuntungan sekaligus, yaitu trafik yang bertambah, dan artikel menjadi lebih cepat terindeks.

Selain itu, blog anda juga semakin terkenal karena orang-orang sering menemukan blog anda nangkring di pageone Google.

3. Perbaiki kualitas SEO


Yang terakhir adalah seputar SEO. Ternyata, SEO memang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas ya. Tentu hal ini dikarenakan kegunaannya yang sangat penting dan keberadaannya sangat vital.

Intinya seperti ini; semakin bagus SEO anda, maka semakin senang juga mesin pencari terhadap blog anda, dan hal ini dapat menyebabkan artikel mudah masuk ke pageone dan mendatangkan banyak trafik.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.