Membuat CSE Juga Menampilkan Hasil Pencarian Dari Subdomain
Membuat CSE Juga Menampilkan Hasil Pencarian Dari Subdomain

Sejak pertama kali kenal tool dari Google yang bernama Custom Search Engine, saya selalu menggunakan CSE ini sebagai pengganti kolom pencarian di semua blog hingga web saya. Bukan tanpa beralasan, tetapi karena "katanya" CSE lebih SEO dibanding kolom pencarian biasa. Blog ini sendiri memakai CSE juga, yaitu pada halaman Pencarian.

Biasanya, CSE hanya akan menampilkan hasil pencarian dari 1 url. Misal CSE tersebut terpasang di blog www.kodejarwo.com, maka hasil pencariannya hanya akan menampilkan semua artikel dari www.kodejarwo.com.

Padahal, kita dapat membuat CSE juga menampilkan hasil pencarian dari subdomain...

Misal anda mencari kata "game" pada CSE blog saya. Maka, hasil pencariannya tidak hanya dari www.kodejarwo.com, tetapi juga dari subdomain lainnya, misal blog.kodejarwo.com, saladinez.kodejarwo.com, dan lain-lain.

Tentu hal ini akan menguntungkan si pemilik domain, karena ia dapat menggunakan kode CSE yang sama untuk semua subdomainnya, tanpa perlu membuat kode yang berbeda-beda untuk tiap subdomain. Selain itu, membuat CSE menjadi seperti ini juga dapat menjadi suatu cara agar subdomain lainnya yang lebih rendah trafiknya untuk mendapat trafik tambahan dari hasil pencarian di subdomain yang lebih tinggi trafiknya.

Misalnya seperti ini...

Anda punya subdomain A (niche teknologi) dan B (niche kesehatan). Subdomain A lebih banyak trafiknya ketimbang subdomain B.

Ketika salah satu pengunjung A mencari sesuatu yang berbau kesehatan, tentu hasil pencariannya kosong karena blog A hanya membahas seputar teknologi. Tetapi bila anda membuat CSE menampilkan hasil pencarian dari subdomain lainnya, maka hasil pencarian dari blog A akan menampilkan blog B. Tentu pengunjung tadi akan mengklik dan berpindah dari subdomain A ke B.

Sudah ngerti? Sekarang lanjut ke caranya.

Pertama buka dulu link berikut ini: https://cse.google.com/cse/all. Kemudian, tekan pada salah satu search engine yang sudah pernah anda buat.

Klik pada bagian search engine yang sudah pernah anda buat

Setelah itu, scroll kebawah, pada bagian Sites to search, hapus url dari blog atau web lama anda.

Hapus url lama yang ada

Kemudian, tekan Add untuk menambah url baru, dan isikan dengan format tambahkan tanda bintang (*) di depan domain asli...

Tambahkan url baru

*.nama-domain-utama.com

Simpan, dan sekarang cobalah cari sesuatu lewat CSE yang terpasang di blog anda. Semua subdomain akan ikut muncul, asalkan artikel dari subdomain tersebut sudah terindeks oleh Google.

Membuat salah satu subdomain tidak ikut muncul


Seperti yang sudah saya katakan di atas, semua subdomain akan ikut muncul di hasil pencarian CSE. Bila anda ingin salah satu atau beberapa subdomain lainnya tidak ingin dimunculkan dalam CSE, caranya mudah saja.

Pertama, silakan anda tekan tombol Advanced pada Sites to search.

Tekan advanced

Nanti akan muncul bagian tab baru yang bernama Sites to exclude. Tekan add.

Tekan add untuk menambah url baru

Lalu, masukkan url dari subdomain anda yang tidak ingin ditampilkan di hasil pencarian CSE. Contohnya seperti ini:

Tulis nama subdomainnya disana, lalu save

Tekan save, lalu cek kembali CSE anda. Saya bisa pastikan hasil pencarian sama sekali tidak akan menampilkan dari domain itu. Dengan kata lain, subdomain tersebut diblokir agar tidak muncul.

Bagaimana? Mudah saja bukan?
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.