Tips Dan Cara Untuk Mengecilkan Ukuran Total Page Size di GTmetrix
Tips Dan Cara Untuk Mengecilkan Ukuran Total Page Size di GTmetrix

Bukan hanya menampilkan skor saja, GTmetrix juga memiliki fitur-fitur dan menampilkan data akurat lainnya, salah satunya ialah Total Page Size. Nah kali ini saya ingin membagikan sedikit tips sekaligus cara mengecilkan ukuran Total Page Size anda.

Total Page Size (TPS) sendiri merupakan sebuah data dari GTmetrix yang menampilkan ukuran keseluruhan dari halaman yang ia cek. Misal anda cek blog anda di GTmetrix, maka TPS akan menampilkan berapa besar ukuran halaman anda, dalam bentuk Bytes.

Contohnya seperti pada gambar berikut.

Tampilan Total Page Size Kode Jarwo

Gambar tersebut merupakan laporan hasil dari saya cek link https://www.kodejarwo.com. Disana terlihat TPS berukuran 37 KB. Itu berarti halaman https://www.kodejarwo.com memilki ukuran total sebesar 37 KB saja.

Semakin kecil ukurannya, maka semakin cepat pula Fully Loaded Time dan semakin tinggi kemungkinan skor yang akan anda dapatkan.

Nah bagaimana caranya supaya kita mendapatkan ukuran yang kecil tersebut?

Tips Dan Cara Untuk Mengecilkan Ukuran Total Page Size di GTmetrix


Ada beberapa teknik yang tentunya menggunakan Edit HTML yang harus anda lakukan. Tetapi ada juga tips-tips mudah yang dapat diterapkan bagi pemula, bahkan yang tidak mengerti sama sekali Edit HTML. Apa saja itu? Mari kita simak...

1. Kurangi Penggunaan Widget Tidak Berguna


Tanpa anda sadari, widget atau gadget yang anda gunakan di blog seperti popular post, related post, arsip, dan widget lainnya dapat menambah ukuran halaman blog anda. Tidak terlalu besar, paling kisaran 2-5 KB saja.

Tetapi apa yang terjadi bila anda memasang terlalu banyak widget? Tentu hal ini membuat tambah berat dan besar sehingga ukuran Total Page Size anda juga semakin gendut. Saran saya, cukup gunakan widget penting dan yang paling sering digunakan saja, misal:

  1. Popular Post
  2. Related Post
  3. Arsip
  4. Halaman

Keempat widget diatas sebenarnya sudah cukup... Tidak perlu menampilkan yang tidak berguna seperti statistik pengunjung, Alexa, DMCA, dan semacamnya.

2. Kurangi jumlah post di homepage


Anda juga dapat mengurangi jumlah post yang tampil di homepage. Seperti yang anda ketahui, setiap 1 post yang tampil di homepage memiliki banyak elemen, misal gambar thumbnail, judul, label, deskripsi post, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuatnya memiliki ukuran yang besar.

Apalagi ada gambar thumbnail yang biasanya berukuran hingga 50 KB. Bisa dibayangkan berapa besar jumlah keseluruhan TPS anda bila menampilkan post di homepage hingga 10 lebih.

Saran saya, cukup tampilkan 6 post saja. Boleh kurang. Untuk mengatur jumlah postnya anda bisa masuk ke Setelan blogger, lalu pada bagian Postingan, komentar, dan berbagi, atur jumlah post di halaman utama sebanyak maksimal 6.

Kurangi jumlah post di homepage

3. Kurangi penggunaan iklan yang berlebihan


Bukan hanya membuat skor di PageSpeed Insights dan GTmetrix menjadi jelek, penggunaan iklan juga dapat membuat ukuran blog anda menjadi lebih besar, bahkan bisa menjadi 2 kali lipat. Hal ini disebabkan oleh penggunaan iframe dan gambar yang tidak di kompres oleh penyedia iklan.

Hal ini tidak bisa diatasi kecuali dengan mengurangi jumlah penggunaan iklan. Tempatkan iklan di area strategis atau banyak klik sehingga tidak mengganggu pendapatan anda meskipun jumlah iklan dikurangi. Untuk panduan nya saya pernah buat disini: Teknik Penempatan Iklan AdSense Terbaik Agar Banyak Jumlah Klik.


4. Tidak menggunakan font tambahan


Yang terakhir ialah saya menyarankan anda untuk tidak memakai font eksternal tambahan, seperti open sans, roboto, dan sebagainya. Font-font tersebut dapat menghemat sebesar 10 hingga 50 KB TPS anda. Walaupun tidak terlalu besar, tetapi cukup berpengaruh pada kecepatan blog.

Mungkin cara diatas lah yang paling mudah anda lakukan untuk mengurangi ukuran Total Page Size di GTmetrix. Selebihnya agak sulit, seperti mengurangi penggunaan Javascript, memilih template yang simpel, hindari penggunaan jQuery, dan sebagainya.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 18 Februari 2018 12.05

Hijaukan gan supaya jos... Kalau ada yang mau ditanyakan bisa buka halaman pertanyaan di blog ini ya...

Balas
Lokerntb Kode Jarwo
Lokerntb
# 18 Februari 2018 10.55

punya ane tinggal Gt metrix saja yang belum dapat lampu hijau

Balas
Arjuna Kode Jarwo
Arjuna
# 16 Februari 2018 15.48

Nice gan, kadang bingung sendiri saat cek pagespeed di gt matrix

Balas