Teknik Penempatan Iklan AdSense Terbaik Agar Banyak Jumlah Klik
Teknik Penempatan Iklan AdSense Terbaik Agar Banyak Jumlah Klik

Sudah lama sekali saya tidak membahas seputar dunia periklanan, kali ini saya ingin membagikan sedikit tips penempatan iklan yang terbaik agar banyak yang klik iklan tersebut.

Anda para blogger pasti sudah tidak asing lagi yang namanya AdSense. Ya, AdSense merupakan iklan oleh Google yang membayar para publishernya menurut jumlah klik (CPC). Selain jumlah klik, iklan ini juga membayar per seribu tayangan (CPM), tetapi rasio nya sangat kecil,.

Nah bagi anda pengguna AdSense, tentu dituntut untuk semaksimal mungkin agar jumlah klik dengan tayangan (CTR) seimbang, yaitu dibawah 5%. Maksud saya ialah setiap 100 tayangan iklan, setidaknya ada 1-5 kali iklan anda di klik agar penghasilan anda bagus.

Banyaknya rasio CTR ini tidak bisa terlepas dengan yang namanya teknik penempatan iklan.

Penempatan iklan merupakan faktor penyebab tingginya rasio klik paling penting nomor 1, lalu disusul oleh jumlah visitor pada nomor 2.

Oleh karenanya, kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya yaitu teknik penempatan iklan AdSense yang ramai mendapatkan klik. Tentu teknik ini juga harus dibarengi bekal visitor yang memadai agar jumlah klik semakin banyak. Mari kita bahas.

Tempat Menaruh Iklan AdSense Terbaik Agar Banyak Klik


1. Billboard - 970x250 - Bawah Header, Atas Main Wrapper


Billboard - 970x250 - Bawah Header, Atas Main Wrapper


Yang pertama ialah iklan jenis Billboard. Billboard sendiri merupakan jenis iklan banner atau richer text ads yang berukuran sangat besar sekali, yaitu 970x250 pixel.

Ukurannya yang besar ini membuat para publisher jarang sekali memakainya, karena dianggap banyak memakan ruang di blog. Oleh karenanya biasanya Billboard hanya ditampilkan di homepage saja.

Ya memang benar dapat memakan banyak ruang. Tetapi jangan salah, saya sudah memakai jenis iklan ini dan rasio klik yang saya dapatkan dari Billboard lumayan banyak, bahkan lebih besar dari iklan Landscape kanan header seperti pada template-template magazine buatan Arlina.

Bila anda tetap tidak mau menggunakannya, anda dapat menambahkan tombol Show Hide agar pengunjung yang merasa terganggu dapat menyembunyikannya dengan tombol. Bagi anda yang ingin membuat seperti itu, silakan lihat pada artikel Kompi Ajaib ini.

Saya sangat menyarankan anda agar menggunakan Billboard ini dikarenakan tingkat keterlihatannya tinggi, sehingga rasio mendapatkan klik juga bertambah.

2. Medium Rectangle - 300x250 - Kiri Awal Paragraf


Medium Rectangle - 300x250 - Kiri Awal Paragraf

Kemudian disambung dengan unit iklan Medium Rectangle ukuran 300x250 pixel yang ditempatkan di posisi kiri pada paragraf pertama postingan. Bukan tanpa beralasan, ia ditempatkan disana karena setiap visitor pasti membaca sesuatu dari atas terlebih dahulu, sehingga tingkat keterlihatan iklan di daerah ini sangat tinggi dan mengundang banyak klik.

Tak ayal banyak blog-blog besar seperti Mastimon dan Kompi Ajaib yang menempatkan iklan 300x250 pada bagian kiri paragraf pertama ini. Jenis iklan yang cocok dipakai ditempat ini ialah text ads, parallax, dan Richer Text Ads.

3. Half Page - 300x600 - Sidebar


Half Page - 300x600 - Sidebar

Yang ketiga ialah anda dapat menggunakan iklan berukuran 300x600 pixel atau sering disebut Half Page pada bagian sidebar blog.

Dan lagi-lagi, blog-blog besar juga menggunakan iklan Half Page dan menempatkannya pada bagian sidebar. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup besar dan slot di sidebar yang terkadang memang lumayan banyak membuatnya menjadi salah satu tempat terbaik menempatkan iklan agar mengundang banyak klik.

Selain itu, jenis iklan yang sering dihasilkan oleh Half Page berupa banner gambar, sehingga terlihat jauh lebih menarik dan lebih terlihat oleh pengunjung. Apalagi kebanyakan pengguna membuat iklan sidebar ini menjadi sticky agar lebih terlihat mencolok...

4. Link Units - Dalam Artikel


Link Units - Dalam Artikel

Nah ini dia unit iklan yang paling saya suka, yaitu link units atau bahasa Indonesianya iklan tautan.

Iklan tautan ini selain memiliki kelebihan berupa ringan, ia juga dapat menyesuaikan isi dan topik artikel tersebut. Misal artikel anda membahas seputar kursus, maka iklan yang akan muncul juga seputar kursus, misal kursus bahasa inggris, mobil, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penempatan iklan ini harus sangat diperhatikan guna meningkatkan rasio klik agar pendapatan menjadi maksimal. Menurut saya penempatan terbaiknya yaitu didalam postingan.

Bukan tanpa beralasan, saya menyarankan untuk ditempatkan didalam postingan agar iklan dapat lebih membaur dengan topik artikel dan menjadi sedikit "berkamuflase" dengan bentuk postingan agar tidak terlalu kelihatan iklannya.

Anda dapat menempatkannya baik sebelum isi, ditengah artikel, maupun dibawah...

Tapi, dari yang saya dengar-dengar dari publisher lainnya, penggunaan Link Units untuk pertama kalinya dapat membuat BPK anda menurun drastis, bahkan sampai angka ratusan rupiah saja. Tapi tenang, lambat laun BPK akan normal kembali meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, sampai berminggu-minggu.

5. Matched Content - Bawah Post, Pengganti Related Posts


Matched Content - Bawah Post, Pengganti Related Posts

Saya selalu menyimpan yang terbaik yang diakhir. Yang terbaik kali ini ialah Matched Content.

Anda para publisher AdSense pasti sudah tidak asing lagi dengan MC, iklan yang didapatkan hanya khusus kepada para publisher yang sudah lama dan katanya sudah beberapa kali payout.

Matched Content sendiri berisikan artikel-artikel terkait dengan isi postingan dalam bentuk grid. Terlihat tidak ada yang istimewa sebenarnya, padahal ada. Terkadang, di sela-sela artikel terkait tersebut disisipkan iklan yang bentuknya hampir 100% mirip, sehingga bila ada pengunjung yang tidak fokus maka ia akan mengklik iklan tersebut.

Tentu hal tersebut dapat meningkatkan klik iklan anda dan membuat penghasilan bertambah. Matched Content ini sangat cocok dipakai untuk pengganti widget Related Posts dibawah artikel, karena bentuknya sangat mirip related post.

Biasanya juga orang lain menempatkannya di sidebar pengganti popular posts.

Mungkin 5 jenis iklan diatas sudah cukup menurut saya. Karena iklan yang ditampilkan berlebihan di blog juga kurang baik, efek yang akan anda dapatkan adalah merusak penampilan blog bahkan menurunkan BPK yang berdampak pada penurunan penghasilan juga.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.