Google Search Console Update Januari 2018, Apa Yang Baru?
Google Search Console Update Januari 2018, Apa Yang Baru?

Bila sebelumnya saya sudah sempat membahas update PageSpeed Insights, kali ini saya ingin membahas seputar update lagi, yaitu Search Console buatan Google.

Anda para pemakai Search Console pasti pernah mendapatkan Gmail seperti ini:

Gmail dari Google Search Console

Tepat pada tanggal 17 Januari 2018 lalu, Search Console buatan Google telah diupdate atau bahasa mudahnya dirancang ulang. Iya, saya terlambat buat artikelnya, hehehe...

Bukan hanya Search Console, untuk menyambut tahun baru 2018 ini Google juga melakukan beberapa update pada tools lainnya seperti PageSpeed Insights, AdSense, Analytics, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa saja perubahan di versi BETA Search Console ini? Mari kita bahas satu per satu yang saya rangkum dari Google Blog.

1. Tampilan (Interface)


Saya lihat, tampilan SC yang baru ini jauh lebih bagus dibanding sebelumnya. Perpaduan antara warna abu-abu flat ala Google dan putih membuatnya tampil jauh lebih elegan dibanding sebelumnya yang putih polos.

Interface Baru Search Console

Dengan tampilan sidebar kiri yang "fixed" alias tidak ikut saat scroll, box-box yang memiliki shadow/bayangan, membuat tampilan Search Console baru ini lebih menarik dan lebih bernuansa material design.

Tidak hanya itu, tampilan juga jauh tersusun lebih rapi dari sebelumnya sehingga dapat memudahkan para penggunanya yang masih awam untuk menavigasi.

2. Data yang lebih detail


Berbeda dengan Search Console yang lama, SC baru versi BETA ini dapat memuat rentang tanggal jauh lebih luas dibanding sebelumnya yang hanya 3 bulan terakhir saja. Dalam update kali ini, anda dapat memuat rentang tanggal sampai tidak terbatas atau custom.

Rentang Tanggal Search Console

Selain itu, data yang akan anda dapatkan juga lebih real serta detail. Contohnya saja pada filter jenis penelusuran. Anda dapat melihat seberapa banyak jumlah klik dan tayangan situs anda di Google baik dalam bentuk pencarian biasa, gambar, maupun video.

3. Memudahkan pengguna AMP


Nah ini dia yang ditunggu-tunggu. Bila pada versi sebelumnya para pengguna AMP sempat dibuat sedikit kebingungan dan kesulitan, pada versi baru ini Google berjanji pada blognya bahwa akan ada tampilan dan fitur khusus yang dibuat untuk para pengguna AMP.

Hal ini membuktikan bahwa Google sangat menyukai blog AMP dikarenakan dapat membuat pengunjung nyaman dengan loading yang hampir tidak ada sama sekali.

4.  Beberapa penambahan fitur lainnya


Tidak hanya beberapa fitur diatas, sebenarnya masih ada banyak sekali fitur-fitur baru yang ditambahkan seperti alat untuk mendiagnosis masalah, alat validasi masalah, bahkan penambahan tombol share agar anda bisa berbagi ke teman-teman ada di media sosial.

Jadi tunggu apa lagi, segera gunakan versi terbaru dari Search Console ini. Walaupun ini masih versi BETA, fitur yang disuguhkan sudah sangat bagus. Apalagi nanti kalau sudah rilis, tentu akan sangat memudahkan anda untuk melihat statistik blognya.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.

Abira Massi Kode Jarwo
Abira Massi
# 5 Februari 2018 23.49

ntaps ! aih guud sangad mhanx

Balas