Cara Mencari dan Teknik Penempatan Keyword Turunan Agar Mudah Pageone

Cara Mencari dan Teknik Penempatan Keyword Turunan Agar Artikel Mudah Pageone

Bukan cuma anda, hampir semua blogger menginginkan artikel yang dibuatnya berada di pageone, apalagi rank pertama. Nah cara umum yang biasa dilakukan oleh para blogger ialah dengan menerapkan SEO pada artikel dan blognya.

SEO pun tidak hanya sebatas pada penggunaan tag heading, penempatan keyword, dan semacamnya. Menurut saya SEO itu luas. Jadi dapat kita simpulkan ada "seribu cara" agar artikel kita pageone, salah satunya yang akan kita bahas kali ini ialah mengenai keyword turunan.

Apasih itu keyword turunan?

Keyword Turunan merupakan kumpulan keyword-keyword yang berkaitan dengan keyword utama yang anda bidik.

Contohnya seperti ini...

Anda membidik keyword "tempat kursus mobil". Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan (dengan pemikiran sendiri) keyword turunannya bisa jadi:
  • tempat kursus mobil jakarta
  • tempat kursus mobil gratis
  • tempat kursus mobil online
  • dan sebagainya...

Nah bila anda menerapkan trik keyword turunan pada artikel, maka jangan kaget bila bisa saja artikel dapat muncul di pageone walaupun berbeda-beda keyword, atau istilahnya "One article, many keywords".

Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi anda, karena artikel jadi mendapatkan volume pencarian lebih dan tentunya trafik lebih.

Nah kali ini Kode Jarwo akan membahas tuntas seputar keyword turunan, dari cara mencarinya, teknik penempatan, hingga artikel anda menjadi "One article, many keywords".

1. Penentuan Keyword Utama


Sekarang silakan anda cari terlebih dahulu keyword utama yang ingin anda tembak.

Tidak usah panjang, cukup 2-4 kata saja. Pada kali ini saya menggunakan kw "membuat blog seo". Tapi anda jangan mengikuti kw ini juga, karena memiliki banyak sekali saingan, sehingga membuat artikel sulit pageone bagi blog baru.


Usahakan keyword yang anda pakai tidak memiliki difficulty diatas 30% serta result diatas 300.000, atau dalam artian menggunakan keyword persaingan rendah.

Tidak mengapa dimulai dari persaingan rendah...

...dikarenakan blog anda masih memerlukan kepercayaan dari Google. Semakin banyak artikel yang pageone, semakin banyak trafik, semakin pula Google menganggap blog kita terpecaya. Lalu, baru bisa kita melakukan persaingan dengan keyword yang lebih sulit.

2. Pencarian Keyword Turunan dan Teknik Penempatan


Setelah mendapatkan kw utama, kini giliran anda untuk mencari kw turunan. Mencarinya pun tidak tergolong sulit, kali ini saya akan membagikan dengan 3 cara, yaitu menggunakan:
  • Google Suggestion / Auto Complete
  • Google Related Search
Berikut cara memakainya.

a. Mencari Keyword Turunan dengan Google Suggestion / Auto Complete


Sekarang, buka browser anda, lalu ketikkan google.com. Pada kolom mesin pencari, ketikkan kw utama anda. Contoh kw utama kita tadi adalah "cara membuat blog seo".

Mencari Keyword Turunan dengan Google Suggestion / Auto Complete

Simpan semua keyword yang muncul disana, lalu sebar didalam artikel anda. Usahakan buat artikel se-natural mungkin, jangan dikarenakan mengejar keyword maka artikel menjadi sulit dibaca, apalagi menjadi aneh.

Padukan keyword-keyword dari Google Auto Complete diatas dengan rapi, dan tersebar secara merata, lalu masukkan juga pada tag-tag heading. Hindari penggunaan secara berlebihan, karena dapat membuat artikel dianggap SPAM oleh Google.

Bila sudah dianggap SPAM, jangankan bisa bersaing, masuk pageone saja belum tentu bisa...

b. Mencari Keyword Turunan dengan Google Related Search


Masih sama seperti cara sebelumnya, sekarang cari keyword utama anda di Google. Lalu, scroll ke bawah sampai anda melihat Related Search.

Mencari Keyword Turunan dengan Google Related Search

Catat kw yang anda dapat, lalu pilah, mana yang cocok untuk artikel anda, mana yang tidak. Anda juga dapat memasukkan beberapa kata dari kw diatas sebagai title agar lebih mantap.

c. Mencari Keyword Turunan dengan Keywordtool.io


Nah cara ketiga ini menurut saya lebih mudah, karena anda menggunakan sebuah tool yang akan menampilkan semua, tanpa perlu klik sana klik sini.

Caranya cukup mudah, sekarang, buka keywordtool.io. Lalu, ketikkan pada kolom pencarian keyword utama anda, lalu tekan search.

Oh iya jangan lupa untuk mengganti tipe Google domain dan bahasanya menjadi Indonesia.

Mencari Keyword Turunan dengan Keywordtool.io


Kelebihan menggunakan tool ini ialah keyword yang diberikan jauh lebih lengkap, serta berbasis dengan kenyataan, dengan kata lain tool ini menampilkan seluruh kw yang berkaitan serta sering dicari oleh orang.  Selain itu, kita juga dapat menentukan hasil pencarian menurut negara.

Bahkan, untuk kata kunci "cara membuat blog seo", saya mendapatkan total 26 keyword.

Hasil Akhir...


Kini anda sudah mendapatkan keyword turunan bagi artikel anda. Kegunaan keyword turunan sendiri seperti yang sudah saya bahas diatas, "One Article, Many Keyword" atau sering saya singkat OAMK.

Hal yang harus diingat oleh anda, yaitu buat artikel senatural mungkin, jangan sampai karena ingin memasukkan banyak keyword, artikel menjadi acak-acakan dan sulit dibaca, karena dapat mengundang Google untuk mencap artikel sebagai SPAM.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.