Cara Termudah Mencari Keyword Persaingan Rendah di Google

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tips cara mencari keyword yang memiliki saingan rendah di Google, sehingga anda dapat dengan mudah masuk ke pageone pada keyword tertentu.

Penggunan keyword memang tak bisa terlepaskan dari sebuah blog, terutama bagi SEO. Keyword sangat berperan dalam penentuan apakah artikel kita bisa bersaing di SERP.

Terlepas dari itu, banyak sekali orang yang tidak memerhatikan keyword pada blognya. Ia secara asal-asalan menempatkan keyword, tidak menganalisis terlebih dahulu sebelumnya, sehingga artikel terjebak pada keyword High-Difficulty.

Oleh karenanya tidak jarang kita melihat perkataan seperti ini:

"Saya sudah buat banyak artikel, unik semua, tapi kok blog sepi terus ya?"

...setelah ditelusuri

"Oh pantes, artikel sebanyak ini tapi yang masuk pageone cuma sedikit :( . Udah ah gak usah ngeblog lagi."

Jangan sampai anda juga merasakan hal itu. Buat apa anda buat banyak artikel tapi tidak memiliki kegunaan sama sekali? Menurut saya itu hanya membuang-buang waktu saja, karena tujuan utama kita membuat blog adalah untuk mendatangkan visitor...

...karena bila sudah ada visitor, anda bebas mengkreasikan blog anda dibuat untuk apa.

Berbeda dengan personal blog.

Mereka ngeblog hanya untuk menuangkan semua isi hatinya. Istilahnya hanya untuk tempat curhat. Bila anda lihat personal blog, pasti isinya antara lain cerita saat ia patah hati, saat sedang berlibur, sedang mandi makan, dan semacamnya.

Sekarang yang menjadi pertanyaan saya, siapa yang akan mencari di Google:

"Andi sedang berlibur di Hongkong"

Tentu tidak ada. Kalau begitu bila anda membuat blog tanpa memikirkan SEO Keyword, apa bedanya dengan seseorang yang membuat personal blog?

Cara Mencari Keyword Persaingan Rendah


Sekarang kembali ke topik awal, mencari keyword saingan rendah.

Disini tools yang anda perlu siapkan tidak banyak, hanya tools pencari keyword seperti Google Keyword Planner, Keyword Analyze, atau plugin browser.

Kali ini saya menggunakan Plugin Firefox yang bernama SEOquake. Bagi anda yang ingin menginstalnya silakan lihat disini.

Bila plugin sudah siap, sekarang mari kita lanjutkan ke tahap-tahap pencariannya.

Tahap Pertama: Penentuan judul dan keyword awal


Sekarang tentukan artikel apa yang ingin anda buat. Disini saya akan memberikan contoh "cara membuat blog seo". Cukup menggunaan keyword yang singkat saja dahulu.

Tahap Kedua: Melihat saingan keyword awal


Bila sudah dapat, silakan cari di Google dengan keyword tersebut.

Tingkat persaingan keyword cara membuat blog seo

Bila anda sudah menggunakan plugin SEOquake ini, maka dibawah kotak pencarian terdapat Keyword difficulty. Saya sangat menyarankan bagi anda yang memiliki blog dengan DA dan PA serta rank Alexa yang tergolong rendah untuk menghindari keyword dengan difficulty diatas 25%.

Mengapa?

Tentu untuk menghindari sulitnya masuk pageone pada keyword tersebut. Untuk melakukan pembuktian silakan anda lihat gambar dibawah ini.

Semakin kebawah, semakin rendah pula Alexa Rank

Fokus terhadap Alexa Rank tiap blog. Semakin kebawah, semakin tinggi pula rank Alexanya. Ini berarti bahwa anda juga setidaknya memiliki bekal Alexa Rank yang cukup untuk bersaing dengan mudah di SERP. Jadi anda perlu meningkatkan Alexa Rank blog guna bisa bersaing dengan lebih mudah pada keyword tersebut.

Tahap Ketiga: Mencari keyword alternatif dengan persaingan rendah


Bila keyword awal "cara membuat blog seo" sudah tidak bisa, sekarang keyword tersebut dapat diakali dengan alternatif keyword lainnya. Contohnya sekarang menggunakan keyword alternatif "cara terbaik membuat blog seo 2018"

Saya menambahkan KW "terbaik" dan "2018"
Saya menambahkan KW "terbaik" dan "2018"

Bisa anda lihat, KW tersebut memiliki tingkat persaingan yang rendah, yaitu 18%, atau 2x lipat lebih mudah dari KW sebelumnya.

Hanya dengan menambahkan kata basa basi pada awal seperti terbaik, terbanyak, dan lainnya serta menambahkan tahun dibelakangnya, anda sudah bisa mendapatkannya.

Terlebih saingan anda tergolong mudah, yaitu dengan Alexa Rank dengan kisaran jutaan dengan keyword judul yang tidak 80% mirip. Apalagi anda menemukan pada KW tersebut yang masuk pageone kebanyakan dari forum-forum. Saya yakin anda akan sangat mudah meroket ke paling atas (asalkan dapat menerapkan SEO dengan baik).

Nah sampai sini anda sudah dapat menentukan keyword dengan tingkat persaingan yang rendah. Sekarang silakan anda kreasikan artikel anda agar SEO friendly agar dapat lebih mudah untuk masuk pageone.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 14 Januari 2018 11.07

Siap gan

Balas
Abira Massi Kode Jarwo
Abira Massi
# 1 Januari 2018 15.44

Mantap artikelnya !, jos gandos !, sangat bermanfaat !, ini yang dicari cari...

Balas