Cara Meningkatkan Alexa Rank Website Anda Dengan Cepat

Cara Meningkatkan Alexa Rank Sebuah Website Dengan Cepat

Alexa merupakan sebuah sitis yang berfungsi untuk menampilkan data trafik pada blog anda. Alexa sendiri terkenal dikarenakan ia mempunyai sebuah tool khusus untuk mengecek berapa ranking blog atau website anda, baik versi regional maupun diseluruh dunia.

Pada artikel blogging kali ini saya akan membahas sedikit banyak tentang Alexa, dari fakta mitosnya sampai pada cara meningkatkan rating dan rank blog anda di Alexa.

Penjelasan Singkat Alexa


Alexa merupakan sebuah situs "anakan" dari Amazon. Situs ini dapat menampilkan data-data mengenai blog atau website anda, baik dari peringkat blog anda di dunia dan regional, trafik perhari, perilaku visitor seperti bounce rate, total indexed backlinks, dan masih banyak lagi.

Saya bisa katakan data yang ada di Alexa ini sudah cukup bagi anda untuk mengetahui seberapa bagusnya website tersebut, dikarenakan data yang tersedia sudah lumayan lengkap dan akurat.

Mengapa Alexa Penting Bagi Blog Anda?


Menurut saya, peringkat Alexa memiliki peranan yang lumayan penting bagi blog atau website anda, terutama bagi anda yang memiliki tujuan utama membangun website untuk dimonetisasi. Mengapa?

Kebanyakan para advertiser menggunakan Alexa sebagai patokan untuk menilai kelayakan website tersebut untuk diiklankan olehnya.

Dengan kata lain, semakin ramping skor Alexa anda, maka semakin menarik perhatian para Advertiser untuk beriklan di website anda sehingga website dapat dimonetisasi.

Untuk mengecek rating web anda di Alexa, anda dapat menginstal Alexa Toolbar pada browser atau mengunjungi di situs alexa.com.


Bagaimana cara meningkatkan rating website saya di Alexa?


Sekarang kembali ke topik...

Meningkatkan rangking web anda di Alexa memang sedikit menantang. Tidak semudah menaikkan skor di PageSpeed Insights. Anda nantinya akan dituntut untuk memperbanyak trafik organik dari mesin pencari, mencari backlink, dan semacamnya.

Untuk lebih jelasnya, silakan disimak beberapa panduan berikut ini.

1. Perbanyak trafik organik dari mesin pencari



Cara Meningkatkan Alexa Rank Sebuah Website Dengan Cepat


Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah memperbanyak trafik organik dari mesin pencari. Dari dulu sampai sekarang trafik organik pasti memiliki nilai lebih bagi sebuah website, terutama supaya rating blog anda meningkat di Alexa.

Tetapi, hal ini bukan berarti anda menghindari share link melalui media sosial untuk mendapatkan trafik...

Boleh-boleh saja mempromosikan web anda melalui media sosial, dengan syarat anda harus selalu mengimbangi trafik organik dengan anorganik. Saya yakin, semakin banyak visitor organik harian anda, semakin ramping pula ranking Alexa anda.

Fokus pada trafik organik sering disebut cara instan mengingkatkan rating atau rangking Alexa web anda.

2. Sering update artikel


Cara kedua ini merupakan pengalaman pribadi saya. Pada saat itu, blog Kode Jarwo ini masih memiliki ranking 33.991. Setelah saya update 1 artikel, sayapun mengecek kembali ranking Alexa saya. Ternyata rank saya bertambah menjadi 33.525, naik sekitar 400 peringkat. Untuk lebih jelasnya silakan anda lihat gambar dibawah ini.

Cara Meningkatkan Alexa Rank Sebuah Website Dengan Cepat
Sebelum saya update artikel

Cara Meningkatkan Alexa Rank Sebuah Website Dengan Cepat
Setelah update

Jadi, update artikel lumayan ampuh menurut saya...

...walaupun tidak memberikan hasil yang signifikan bagi blog anda.

3. Kumpulkan backlink baik, sebanyak-banyaknya


Cara selanjutnya adalah mencari backlink baik untuk web anda. Disini saya katakan backlink baik, bukan sembarang backlink. Mengapa?

Percaya tidak percaya, keberadaan backlink sangat mempengaruhi sulit mudahnya web bersaing di SERP. Bahkan, beberapa master SEO dunia seperti Craig Campbell mengatakan bahwa: Selain penempatan keyword, teknik SEO ampuh lainnya ialah PBN dan Backlink berkualitas.

Oleh karenanya, jangan heran bila ada web bisnis kecil dapat mengalahkan web milik bisnis besar dan terkenal di SERP.

Lalu, Bagaimana cara saya mempertahankan ranking Alexa web?


Setelah anda mendapatkan ranking atau peringkat yang bagus di Alexa, jangan langsung bersenang hati dulu, bahkan sampai lepas tangan...

Anda masih mempunyai tugas, bahkan lebih berat dari sekedar meningkatkan rank Alexa, yaitu mempertahankannya. Hal ini disebabkan sengitnya saingan antar web untuk menempati posisi teratas di Alexa, sehingga hal ini akan menyulitkan anda untuk mempertahankannya.

Semakin tinggi rank, semakin sulit juga saingan anda. Yang pasti jangan sampai berputus asa, terus update konten yang terbaik di blog anda agar selalu disenangi oleh Google...
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.

Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 15 Januari 2018 20.54

Yap Alexa 11 12 aja sama cewe, cuma bedanya kita nda bisa nikahin Alexa. Sama-sama.

Balas
Halo Pramuka Kode Jarwo
Halo Pramuka
# 15 Januari 2018 19.13

Alexa itu memang kadang sulit di menegrti, kayak cewek saja. Nilai alexa memeng cukup berguna, minimal penyemangat bagi kita untu terus meningkatkan visitor blog. Terimakasih gan perjelasannya :)

Balas
Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 24 Desember 2017 16.13

Berarti penunjang lainnya masih kurang misal Backlink...

Balas
rudi Kode Jarwo
rudi
# 24 Desember 2017 10.42

Visitor organik saya sudah 1k perhari.. tapi Alexa saya masih di angka jutaan..

Balas