Panduan Lengkap Cara Optimasi Gambar agar SEO & Ringan
Panduan Lengkap Cara Optimasi Gambar agar SEO & Ringan

Sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "Pentingkah Gambar Thumbnail di Blog Anda?", kali ini saya membuat artikel lagi yang membahas seputar cara mengoptimasi gambar di blog, yang bertujuan agar gambar lebih SEO, ringan, dan tentunya lebih bagus.

Mengapa penting?

Dari informasi yang saya baca di GTmetrix, PageSpeed Insights, dan SeoSiteCheckup, gambar merupakan faktor utama yang membuat suatu blog menjadi lambat waktu loadnya, serta juga menjadi faktor terbesar kedua (setelah keyword) yang memengaruhi seberapa SEO suatu blog.

Dengan kata lain, gambar memiliki peranan yang sangat penting bagi blog anda... terutama dalam hal SEO.

Langsung saja, berikut panduan step-by-step nya yang saya rangkum menjadi beberapa cara.

Langkah 1) Ubah ekstensi gambar menjadi .PNG


Poin pertama yang saya ambil adalah ubah ekstensi gambar anda menjadi PNG. Bila sudah berekstensi PNG, lanjut ke cara kedua.

Mengapa harus PNG?

Karena gambar yang berekstensikan PNG jauh lebih ringan dibandingkan gambar yang berekstensi lainnya, seperti JPEG, JPG, GIF, dan lainnya. Selain itu, keunggulan gambar PNG ini ialah gambar tidak akan mengalami buram bila dikompres.

Berbeda dengan JPG dan GIF, bila anda mengkompresnya, gambar akan menjadi buram karena kualitasnya diturunkan saat dikompres. Sedangkan PNG hanya diturunkan bit warnanya sehingga kualitas dan kejernihan gambar tetap terjamin.

Langkah 2) Minimalkan ukuran gambar


Setelah dibuat PNG, langkah selanjutnya ialah mengubah ukuran gambar semaksimal mungkin. Contohnya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

Scaled Image

Bisa kita lihat, ukuran gambar aslinya ialah 400 x 172 pixel. Sedangkan yang ditampilkan hanyalah 300 x 171 pixel. Hal ini tentu memboros waktu load, karena sama saja kita mendownload gambar yang berukuran dan berkualitas 400x172, tetapi yang ditampilkan hanyalah yang berukurang dan berkualitas sama seperti 300x171.

Jadi saran saya, bila anda menggunakan platform Blogger, maksimal ukuran gambar adalah 900 x 900 pixel. Bila lebih dari itu, saya sarankan untuk diperkecil ukurannya.

Langkah 3) Kompres Gambar


Setelah itu, anda dapat mengkompres gambar anda secara online. Berikut linknya:

Anda tinggal menekan Upload Files, lalu pilih gambar mana yang ingin anda kompres, tunggu hingga proses pengkompresan selesai, dan download gambar yang sudah dikompres tadi. Selesai!

Pengalaman saya sendiri setelah mengkompres, gambar saya selalu berkurang ukurannya hingga diatas 50%, atau sekitar 2 kali lipat lebih ringan dari sebelumnya, tanpa mengurangi kualitas gambar.

Jadi, anda sangat saya sarankan untuk mengkompres gambar sebelum ditampilkan di blog.

Langkah 4) Pemberian alt dan title


Langkah terakhir yaitu pemberian alt dan title pada setiap gambar yang ingin diposting. Caranya cukup mudah, pada blogger anda tinggal menekan gambarnya, pilih properties, lalu masukkan judul keterangan gambar disana.

Alt Gambar

Cara ini sudah terbukti oleh para pakar SEO untuk meningkatkan keterlihatan gambar di mesin pencari. dan tentunya agar gambar lebih SEO.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Jeprin Aditya Kode Jarwo
Jeprin Aditya
# 7 Juni 2018 18.46

Cukup memberi pengetahuan yang baru.

Balas
Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 27 Maret 2018 19.03

Sama sama

Balas
Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 27 Maret 2018 19.03

Terima kasih

Balas
Ikhsan Alif Kode Jarwo
Ikhsan Alif
# 27 Maret 2018 17.16

Wah terima kasih mas artikelnya sangat membantu, apalagi untuk blog saya yang isinya banyak gambar.

Balas
ABF 75 Kode Jarwo
ABF 75
# 23 Januari 2018 12.09

Keren gan...

Balas
Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 3 November 2017 23.16

Iya gan

Balas
zhalxdev Kode Jarwo
zhalxdev
# 3 November 2017 19.16

Alhamdulillah sangat bermanfaat bang Jarwo, semoga makin bertambah ilmunya.

Balas
Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 5 September 2017 08.56

Silahkan dicoba mas...

Balas
Mr. Writer Kode Jarwo
Mr. Writer
# 4 September 2017 21.08

Wah artikelnya bagus mas. Saya sendiri selama ini menganggap jpg lebih ringan dari png. Dan tidak pernah pakai kompress cuma waktu simpan gambar dari photoshop menggunakan save to web. Mungkin bisa dicoba...

Balas