Syarat Minimal Struktur HTML untuk Template Blogger
Syarat Minimal Struktur HTML untuk Template Blogger

Bagi para pembuat template Blogger saya yakin pasti anda pernah mencoba untuk menghapus semua kode yang ada di Edit HTML, lalu ingin melihat bagaimana hasilnya. 

Tentu saja, anda tidak akan bisa melakukannya karena ada beberapa kode penting yang wajib ada di dalam sebuah template Blogger. Kode-kode ini wajib ada sehingga bila anda tidak memasukkannya, maka akan muncul error ketika ingin menyimpan hasil perubahan pada HTML. Alhasil anda tidak bisa menyimpannya.

Namun, tahukah anda apa saja kode-kode penting itu?

Ini dia:

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>

<html dir='ltr' lang='id' xml:lang='id' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

 <head>
  <title>Title</title>
  <meta content='width=device-width, initial-scale=1' name='viewport'/>
  <b:skin><![CDATA[]]></b:skin>
 </head>

 <body>
  <p>Hello World!</p>
  <b:section id='main'/>
 </body>

</html>

Sebenarnya tidak semua kode di atas penting, ada dua kode yang paling penting, yaitu:

<b:skin><![CDATA[]]></b:skin>

dan

<b:section id='main'/>

Kedua kode tersebut memang memiliki peranan yang cukup penting pada template Blogger, yaitu kode <b:skin><![CDATA[]]></b:skin> yang berfungsi sama seperti tag style di HTML dan kode <b:section id='main'/> yang berfungsi sebagai wrapper atau 'wadah' untuk menempatkan widget.

Kode di atas juga memiliki tag title yang statis, sehingga title tidak menyesuaikan halaman yang dibuka. Tetapi, anda bisa membuatnya menjadi dinamis dengan menggunakan kode <data:blog.pageTitle/> atau <data:blog.pageName/>.

Bagaimana? Sudah siap untuk membuat theme untuk Blogger? Jangan lupa download kerangka template untuk Blogger siap edit dan pakai yang pernah saya buat.