Cara Menampilkan 2 atau Lebih Label di Pencarian Blogger
Cara Menampilkan 2 atau Lebih Label di Pencarian Blogger

Pengguna website berbasis Blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya label. Label adalah sebuah fitur dimana kita dapat memberi suatu kategori untuk tiap-tiap postingan yang kita buat di blog.

Bukan hanya sebagai hiasan, label ini juga sangat berpengaruh pada SEO dan UX.

Dari segi SEO, label dapat diindeks oleh mesin pencari sehingga muncul sebagai sebuah breadcrumb. Tentunya label akan sangat berpengaruh pada ranking postingan bila digunakan dengan maksimal sebagai tempat menaruh keyword bidikan.

Sedangkan dari segi UX, label berfungsi untuk memudahkan pengguna atau pengunjung blog anda untuk menavigasi dan mencari postingan yang sesuai dengan kategori yang ia mau, seperti postingan seputar masakan, otomotif, blogging, dan label lainnya yang sudah anda buat.

Cara Menampilkan Multiple / Label Ganda di Pencarian Blogger


Biasanya, untuk mencari postingan dengan label tertentu maka anda bisa membuka direktori seperti /search/label/{nama label}. Namun, url tersebut hanya bisa menampilkan satu label atau kategori saja, bukan?

Nah pertanyaannya, apakah bisa kita menampilkan dua atau bahkan lebih dari dua label secara sekaligus dalam satu halaman dengan menggunakan url seperti pada contoh di atas tadi?

Jawabannya adalah: bisa.

Caranya cukup simpel, anda hanya perlu menambahkan parameter seperti ini:

/search?q=label:{label 1}|label:{label 2}

Dengan catatan, {label 1} dan {label 2} diganti dengan nama label yang anda inginkan. Contoh untuk Blog Kode Jarwo:

https://blog.kodejarwo.com/search?q=label:Jasa|label:Template

Coba buka link di atas.

Pada url tersebut dapat kita lihat bahwa label 1 bernilai Jasa dan label 2 bernilai Template. Itu artinya kita hanya akan menampilkan semua postingan yang memiliki label Jasa atau Template yang ada di Blog Kode Jarwo.

Anda bisa menambahkan lebih banyak label lagi dengan cara memisahkannya dengan tanda | dan dimulai dengan kata label:.

Saya tidak tahu apakah ada batasan maksimal label yang bisa ditampilkan. Tapi saya yakin fitur ini akan sangat berguna bagi anda khususnya yang ingin menampilkan beberapa label dalam satu halaman secara sekaligus tanpa menggunakan fitur custom misal menggunakan feed atau JavaScript lainnya.