Cara Mengatasi Teks Link Otomatis Menjadi Link Aktif Karena Disqus
Cara Mengatasi Teks Link Otomatis Menjadi Link Aktif Karena Disqus

Kejadian ini saya alami ketika sedang asik membuat artikel sebelumnya, yaitu Cara Mengatasi Error Breadcrumb di Template Kode Jarwo. Saat itu saya memasukkan teks biasa ke dalam artikel. Keanehan mulai muncul ketika saya sudah mempublikasikan artikel tersebut.

Semua teks yang menuliskan link (contoh: https://www.kodejarwo.com) akan berubah menjadi link aktif secara otomatis. Bahkan tanpa saya berikan tag <a/> pun teks tersebut akan berubah menjadi link aktif yang dapat ditekan secara otomatis.

Contoh linknya kurang lebih seperti ini:

<a class="vglnk" href="http://www.kodejarwo.com" rel="nofollow">
 <span>kodejarwo.com</span>
</a>

Saya sempat kebingungan sekaligus heran, kenapa ya bisa begini? Saya menghapus satu persatu JavaScript yang ada di blog saya karena saya yakin hal ini dapat terjadi hanya karena JavaScript saja - tidak mungkin karena hal lain.

Semua JS sudah terhapus, tapi kok masih otomatis jadi link juga?

Cara Mengatasi Teks Link Otomatis Menjadi Link Aktif Karena Disqus


Akhirnya saya pun mencari solusi ke forum Stack Overflow. Tak perlu waktu lama, saya pun langsung mendapatkannya dari pertanyaan berikut: angular creating unwanted links. Bagi yang kurang paham bahasa Inggris atau tidak paham maksudnya, berikut saya berikan panduannya.
  • Pertama, silakan anda buka Disqus Site Advanced Settings
  • Lalu, pilih blog anda yang terkena masalah ini
  • Silakan uncheck kedua box yang ada di sana

Contoh Disqus Site Advanced Settings Kode Jarwo

  • Setelah itu tekan tombol Save

Sekarang coba cek kembali blog anda, saya yakin teks tersebut sudah tidak berubah menjadi link aktif lagi.

Masalah ini hanya dapat muncul ketika anda menggunakan sistem komentar Disqus dan mengaktifkan tracking & affiliate links saja. Teks tersebut dapat berubah menjadi link aktif karena Disqus mengaktifkan fitur iklan bertipe link afiliasi. Sekalipun link yang dihasilkan bersifat nofollow, tapi tetap saja mempengaruhi SEO karena kemungkinan besar bisa menghasilkan broken link.