Pernahkah anda memperhatikan, ketika sedang mencari sesuatu di blog, lalu ternyata tidak ada hasil, tetapi tidak ada pemberitahuannya kalau hasil pencarian anda tidak ada?

    Misal nih, anda sedang membuka blog X. Lalu, anda mencari keyword "donat" di blog tersebut. Ternyata, tidak ada post yang cocok atau sesuai dengan keyword "donat" yang anda cari tadi, sehingga anda hanya mendapatkan halaman kosong saja.

    Bagi sebagian pembuat template atau "pemerhati" template, pasti hal ini sangat mengganggu, karena halaman kosong dapat membuat pengunjung menjadi bingung. Oleh karenanya, mereka menginginkan ada tulisan khusus yang menandakan bahwa hasil pencariannya tidak ada.

    Namun, kita tidak bisa asal membuatnya, karena kita membutuhkan tag kondisional khusus agar pesan bahwa hasil pencarian kosongnya hanya muncul ketika memang tidak ada hasilnya saja. Bila anda asal pasang, maka pesan itu tadi muncul kapan saja.

    Nah setelah melalui beberapa rangkaian pencarian, akhirnya saya menemukan solusinya. Saya mendapatkan kode untuk menampilkan pesan khusus untuk pencarian di blogger lengkap dengan tag kondisionalnya. Bagi anda yang ingin memasangnya juga, silakan copy kode berikut:

    <b:if cond='not data:posts.any'>
     <div class='no-posts'>
      <b:eval expr='data:view.isSearch ? data:messages.noResultsFound : data:messages.theresNothingHere'/>
     </div>
    </b:if>
    
    <style>
    .no-posts {
        text-align: center;
        padding: 20px;
        font-size: 150%;
        font-weight: 700;
    }
    </style>

    Kemudian pastekan di bawah kode berikut:

    <b:includable id='main' var='top'>

    Sekarang simpan theme, dan coba tes lakukan pencarian dengan keyword yang tidak mungkin ada di blognya. Saya yakin pesan nya sudah muncul, contohnya seperti "Tak ada hasil yang ditemukan".

    Bila anda ingin mengubah desain pesannya, silakan edit pada bagian style CSS nya pada kode diatas tadi.