Panduan Lengkap Membuat Template Blogger Dari Awal Hingga Akhir # Part 1
Panduan Lengkap Membuat Template Blogger Dari Awal Hingga Akhir # Part 1

Sejak awal perilisan template pertama saya yaitu pada bulan Mei 2018 lalu hingga sekarang, sudah ada banyak sekali teman-teman saya sesama Blogger yang request kepada saya untuk dibuatkan panduan lengkap step-by-step dari awal hingga akhir dalam pembuatan template Blogger dengan menggunakan kerangka yang sudah pernah saya buat dan saya beri nama KTBKJ, yang merupakan singkatan dari Kerangka Template Blogger oleh Kode Jarwo.

Oke, saya buatkan, mumpung ada waktu luang. Tapi, artikel ini bakalan panjang dan saya akan memisahnya menjadi beberapa part artikel + insya allah saya buatkan videonya untuk setiap part, jadi harap maklum kalo agak lama...

Langsung saja berikut daftar isinya:

  • Persiapan dan Menentukan Desain Awal (Part 1)
  • Membuat Template (Part 2)
    - Pemberian CSS Reset
    - Pembuatan Header
    - Pembuatan Wrapper
    - Pembuatan Main
    - Pembuatan Sidebar
    - Pembuatan Footer
  • Peresponsifan (Part 3)
    - Meresponsifkan Header
    - Meresponsifkan Main & Sidebar
    - Meresponsifkan Footer
  • Finishing (Part 4)

Panduan Lengkap Dari Awal Hingga Akhir Dalam Membuat Template Blogger


1. Persiapan & Pemasangan


Pertama-tama hal yang perlu anda lakukan adalah mendownload dan memasang kerangka template yang sudah saya buat, anda dapat mendownloadnya disini: Download Kerangka HTML untuk Template Blogger Siap Edit & Pakai. Alasan saya menggunakan kerangka karena membuat kerangka membutuhkan skill atau keahlian yang lumayan tinggi agar dapat mengerti struktur dari theme Blogger.

Setelah anda download, silakan gunakan versi yang terbaru, lalu pasang ke blog anda. Di sini saya menyarankan menggunakan versi 1.2, karena pada tutorial kali ini saya menggunakan versi 1.2.

Bila sudah terpasang, maka hal selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah mengosongkan isi dari Tata Letak, sisakan 3 widget saja, yaitu Header, widget Posting Blog pada Main, dan Popular Post tanpa snippet di Sidebar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mendesain template nantinya.

Sekarang silakan anda posting beberapa artikel di dalamnya, lengkap dengan gambar, numbered list, bullet list, blockquote, dan lain-lain yang biasanya sering dipakai. Ribet mau posting satu per satu? Anda dapat mendownload postingan-postingan tersebut milik saya disini: Blog Documentation Post Kode Jarwo, jadi anda tidak perlu repot lagi karena tinggal mengimpor artikel melalui Setelan > Lainnya > Impor Konten.

Lalu, buka Setelan > Dasar > Deskripsi. Isi deskripsi blog anda disana, isi saja dengan sembarang kata misal "Lorem Ipsum Dolor Sit Amet" atau "Bang Jarwo Ganteng".

Selesai, sekarang silakan anda lanjut ke langkah ke dua, yaitu menentukan desain awal.

2. Menentukan Desain Awal


Di sini yang menentukan desainnya adalah saya, saya ingin membuat desainnya seperti ini:


Simpel... ya jelas, namanya juga baru belajar. Saya sangat menyukai template yang bentuknya seperti ini karena tampilannya fresh - tidak banyak ini itu yang mengganggu konten. Template yang akan kita buat nantinya memiliki fitur sidebar alias dua kolom, sehingga proses membuat template menjadi responsif sedikit agak rumit dan panjang.

Ditunggu part 2 nya, hampir selesai...