Sekarang Blogger Sudah Tidak Support Komentar OpenID Lagi
Tidak Support OpenID

Sejak hari ini atau lebih tepatnya lagi pada tanggal 28 Mei 2018 Blogger sudah tidak support lagi komentar dari akun OpenID.

Hal ini ditandai dengan munculnya notifikasi seperti ini pada saat kita membuka Blogger:

Blogger no longer supports OpenID. Existing OpenID comments and your OpenID settings may have changed. Learn more.

Blogger tidak lagi mendukung OpenID. Komentar OpenID yang ada dan setelan OpenID Anda mungkin sudah berubah. Pelajari lebih lanjut.

Pihak dari Blogger sendiri menghapus OpenID karena beberapa alasan, salah satunya adalah penggunaan fitur ini yang sangat rendah dan jarang sehingga dianggap tidak berguna. Setelah saya survei sendiri, ternyata memang benar. Dari 500 komentar teratas di Kode Jarwo, hanya ada 3 komentar yang dari akun OpenID, sisanya dari Google+ dan < 10 anonim. Ini berarti jumlah komentar OpenID di blog saya hanya berkisar 1.6% saja.

Selain itu, fitur ini juga sering dipakai untuk ajang mencari backlink untuk situs web sang komentator, karena link komentator dapat diarahkan menuju ke situs web pribadi. Walaupun dapat kita akali dengan menambahkan atribut rel nofollow pada komentar, tetap saja hal ini menurut saya "agak sedikit mengganggu".

Bukan hanya OpenID, beberapa fitur komentar lainnya juga ikut dihapus, sehingga sampai saat ini Blogger hanya support 3 macam saja; akun Google, Name/URL, dan Anonymous. Sehingga semua komentar yang sudah terlanjur ditampilkan melalui fitur yang sudah dihapus tadi berubah menjadi komentar anonim.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.