Cara Redirect HTTPS (SSL) ke HTTP di Blogger Menggunakan JavaScript
Cara Redirect HTTPS (SSL) ke HTTP di Blogger Menggunakan JavaScript

Bila orang lain ingin menggunakan SSL pada blognya, beberapa Blogger termasuk saya justru kebalikannya, yaitu redirect dari HTTPS ke HTTP. Bukan tanpa beralasan, hal ini bertujuan agar beberapa elemen di blog yang "mau tidak mau" harus menggunakan HTTP tetap bisa work.

Selain itu, banyak sekali para master AdSense yang mengatakan bahwa mereka mengalami penurunan dalam penghasilan setelah menggunakan SSL, bahkan penurunannya mencapai 50% lebih! Saya pernah diberi tahu seseorang bahwa hal tersebut dapat terjadi karena beberapa iklan yang memiliki CPC tinggi tidak menggunakan sertifikat SSL pada websitenya, sehingga pasti tidak akan muncul di website yang menggunakan HTTPS.

Nah masalahnya, secara default walaupun anda tidak mengaktifkan redirect ke HTTPS di setelan Blogger, blog yang masih menggunakan blogspot tetap saja dialihkan ke sana, jadi beberapa elemen seperti iframe yang memiliki source dari web yang masih menggunakan HTTP menjadi tidak work.

Setelah belajar JavaScript document location selama 2 jam, akhirnya saya dapat membuat scriptnya. Untuk yang ingin mencobanya, silakan anda masukkan kode berikut tepat dibawah <head> atau &lt;head&gt;

<script>//<![CDATA[
function jarwoRedirectToHTTP(){var jarwoSSL=/^https/i;var jarwoHOST=document.location.hostname;var jarwoPATH=document.location.pathname;var jarwoSEARCH=window.location.search;if(window.location.origin.match(jarwoSSL)){window.location="http://"+jarwoHOST+jarwoPATH+jarwoSEARCH}}
jarwoRedirectToHTTP()
//]]></script>

Simpan template dan coba cek blog anda, saya yakin akan teralihkan ke HTTP. Oh ya sebelum memasukkan script diatas, jangan lupa untuk mematikan terlebih dahulu redirect ke HTTPS di setelan Blogger agar tidak terjadi error.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.