Kini Blogger Menerapkan NCR / NoCountryRedirect Kembali
Kini Blogger Menerapkan NCR / NoRedirectCountry Kembali

Seperti yang kita ketahui bahwa sebentar lagi Blogger akan melakukan banyak sekali update, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada artikel KompiAjaib berikut ini: Siap-siap Blogger Akan Segera Mendapatkan Beberapa Update. Salah satu update yang paling ditunggu ialah penerapan kembali sistem NCR alias NoRedirectCountry.

NCR membuat suatu blog akan berubah alamat domainnya menyesuaikan dari mana blog tersebut diakses oleh sang pengunjung. Contohnya bila anda membuka blog XYZ dari rusia, maka alamat blognya menjadi nama-blog.blogspot.ru. Sedangkan dari jepang, akhirannya menjadi .blogspot.jp, dari Indonesia menjadi .blogspot.co.id, dan seterusnya.

Sistem ini sebenarnya memiliki banyak sekali kekurangan dan memberikan dampak negatif terhadap blog tersebut, diantaranya yang saya tau sebagai berikut:

  1. Sulitnya mencari metrik asli dan keseluruhan dari blog (DA, PA, dll)
  2. "Katanya" kurang bagus bagi SEO
  3. Sering bermasalah AdSense nya, misal iklan blank, url tidak teratur di dashboard, dan masih banyak lagi
  4. Beberapa widget pihak ketiga menjadi error ketika diakses melalui negara lain
  5. dan masih ada beberapa masalah lainnya...

Walaupun bisa diakali dengan script NCR seperti berikut:

<script type='text/javascript'>
var str=window.location.href.toString();if("-1"==str.indexOf(".com/")){var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot."));if("-1"==str1.indexOf("/"))var str2=str1;else var str2=str1.substring(0,str1.indexOf("/")+1);window.location.href=window.location.href.toString().replace(str2,".blogspot.com/ncr/")}
</script>

Tetap saja berbahaya, terutama bagi anda yang menjadi publisher AdSense karena bisa saja anda dianggap melanggar kebijakan Google.

Nah untungnya..

Baru tadi pagi saya sadar bahwa pada pagi hari ini, lebih tepatnya lagi tanggal 30 Mei 2018 Blogger sudah menerapkan NCR kembali!

Jadi semua blog anda yang masih belum TLD dan menggunakan subdomain blogspot pasti akan kembali seperti dahulu lagi, yaitu berakhirkan .blogspot.com. Efek samping dari penerapan kembali sistem ini pasti ada, yaitu skor di PageSpeed Insights yang langsung turun drastis.

Tidak percaya? Cek saja...
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.

Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 1 Juni 2018 11.42

Lumayan besar pengaruhnya ke Adsense & Blog...
- Adsense kemungkinan besar penghasilan makin naik (pengalaman)
- Trafik blog makin bertambah / justru makin terjun bebas (pengalaman yang bertambah)

Balas
Jogja Adventure Kode Jarwo
Jogja Adventure
# 31 Mei 2018 19.54

bener mbah,, turun drastis ..
tp berpengaruh ga ya ?

Balas