Cara Membuat Tampilan Blog Menjadi Seperti Website yang Profesional
Cara Membuat Tampilan Blog Menjadi Seperti Website yang Profesional

Semua blogger pasti mempunyai cita-cita agar blognya nanti menjadi besar dan sukses seperti kompiajaib atau maxmanroe, lalu ia memiliki keseharian menonton laptop sambil melihat earning dari AdSense yang terus mengalir perdetiknya. Nyatanya, tidak segampang itu menjadi seorang Blogger yang sukses. Ada beberapa tahapan, langkah, serta syarat agar blog anda bisa menjadi besar, salah satunya adalah harus terlihat profesional.

Profesional yang saya maksud disini lebih ke arah branding...

Ngomongin soal branding, branding itu menurut saya sangat penting, apalagi bila anda membuat blog seperti Kode Jarwo, karena blog ini hanya mengandalkan pendapatan dari jasa dan menjual template. Bila tanpa branding? Ya jelas tidak ada yang mengenal anda, sehingga jasa dan segala macam yang anda jual di blog tidak akan laku.

Balik lagi ke topik, salah satu syarat dasar untuk membuat blog anda menjadi bagus, SEO, dan bisa besar adalah dengan membuat tampilannya menjadi terlihat menarik dan profesional.

Jangan salah, bukan hanya website dari Wordpress atau self-host lainnya saja yang bisa terlihat profesional, Blogger juga bisa, asalkan memenuhi beberapa syarat berikut.

1. Usahakan menggunakan template bergaya Grid dan Full-width


Saya lihat rata-rata blog serta web-web besar seperti KompiAjaib, Jalan Tikus, dan lainnya memiliki tampilan yang mirip, yaitu dengan menggunakan style Grid dan Full-width.

Grid yang saya maksud disini adalah tampilan postingan yang berbentuk kotak-kotak horizontal, biasanya berisi 4 sampai 6 postingan tiap baris bila dilihat melalui laptop. Bukan tanpa beralasan, penggunaan grid ini memiliki fungsi agar pengunjung dalam menavigasi keseluruhan isi artikel blog tersebut tanpa harus scroll banyak-banyak.

Sedangkan full-width, tampilan blog anda bila dilihat melalui laptop atau desktop tidak ada jarak pinggirnya, alias full selayar. Cara ini sering digunakan oleh para pemilik website karena tampilan menjadi lebih terlihat elegan dan terlihat lebih bersih serta rapi.

2. Gunakan warna putih sebagai dominan


Ini dia yang penting. Gunakan template yang memiliki warna putih sebagai warna dominan, bukan warna lainnya apalagi yang gelap. Hal ini bertujuan agar mata pembaca tidak cepat lelah, rileks, serta tampilan blog menjadi lebih rapi dan terlihat fresh serta bersih.

Contoh template dengan warna hitam sebagai dominan

Jangan gunakan warna gelap sebagai warna dominan, karena dapat membuat tampilan menjadi lebih kurang bersih dan membuat mata pembaca cepat capek, sehingga mereka malas untuk melihat-lihat artikel lain dari blog anda.

3. Pakai template premium


Bukan bermaksud promosi ya, tetapi memakai template premium juga dapat menjadi penunjang supaya blog anda terlihat lebih profesional. Ingat, hanya penunjang, bukan wajib harus dilakukan.

Logikanya begini, website besar tentu sangat identik dengan biaya pembuatannya yang perlu menguras isi dompet. Lah anda, sudah memakai platform Blogger yang gratis, template pun juga memakai yang gratisan. Tentu orang yang mengerti dunia web pasti mengerti bahwa template yang anda gunakan itu gratisan, karena ada credit linknya.

4. Tampilkan diri anda di blog tersebut


Yang terakhir, yaitu masalah kepercayaan. Jangan takut untuk menampilkan data diri anda di blog, karena itu merupakan salah satu kewajiban bila anda ingin blog tersebut dapat dipercaya dan terlihat lebih profesional sehingga branding dapat dilakukan. Data diri yang saya maksud seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, alamat gmail, dan akun media sosial yang aktif.

Jujur saja, sampai sekarang saya sangat menghargai para pemilik blog yang mau memasukkan foto aslinya pada blognya, karena menurut saya mereka memang serius mau ngeblog sekalipun isinya hanya curhatan-curhatan saja, daripada berita HOAX.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 6 Mei 2018 15.07

Oke saya pikirkan dulu...

Balas
Jogja Adventure Kode Jarwo
Jogja Adventure
# 6 Mei 2018 14.03

share donk, cara merubah tampilan homepage dari list menjadi grid mbah ..

Balas