Mengurutkan Komentar Dari Paling Baru

    Secara default, komentar yang muncul di Blogger akan diurutkan dari yang paling dahulu/paling lama ke yang paling baru. Jadi, komentar yang baru akan ditempatkan paling bawah, dan yang paling lama ditempatkan paling atas.

    Tentu hal ini memiliki banyak kekurangan. Contohnya pada saat saya ingin membalas sebuah komentar baru, maka saya harus capek-capek menscroll kebawah. Berbeda bila kita balik urutannya, kita hanya perlu menscroll sampai komentar paling atas saja.

    Selain itu, banyak yang mengira bahwa komentar ini tidak bisa diubah urutannya, misal dari yang paling awal. Padahal bisa, yaitu dengan menambahkan atribut reverse pada tag b:loop komentar.

    Untuk yang ingin mengubah urutannya, silakan ikuti panduan berikut.

    Pertama, silakan anda buka Edit HTML. Klik di sembarang kode, tekan Ctrl + F, lalu cari kode berikut ini (atau yang mirip):

    <b:loop values='data:post.comments' var='comment'>

    Setelah itu, tambahkan atribut reverse dengan value 1  alias true pada tag tersebut sehingga berbentuk seperti ini:

    <b:loop values='data:post.comments' var='comment' reverse='1'>

    Simpan template dan coba cek salah satu artikel anda yang memiliki banyak komentar. Jujur saja, saya baru hari ini belajar seputar atribut reverse untuk HTML, dan langsung kepikiran untuk mengubah urutan komentar yang ada di blog saya. Semoga bermanfaat.