Cara Mengganti & Mengatur Panjang Kata Snippet Tanpa Load Keseluruhan Post Body
Cara Mengganti Panjang Kata Snippet Tanpa Load Keseluruhan Post Body

Kali ini saya ingin membagikan tutorial seputar cara mengatur panjang kata pada HTML <data:post.snippet/> tanpa harus mengubahnya terlebih dahulu ke <data:post.body/> sehingga harus memuat atau load keseluruhan body.

Seperti yang anda ketahui, rata-rata para pembuat template menggunakan kode <data:post.body/> plus sedikit campuran JavaScript untuk menampilkan deskripsi singkat dari postingan di homepage alias snippet. Padahal, script tersebut sama saja untuk menyuruh browser me-load keseluruhan isi artikel, sehingga membuat loading blog menjadi berat dan membuat masalah Optimize Images di PageSpeed Insights.

Oleh karenanya, saya menyarankan untuk mengganti kode tersebut menjadi seperti ini:

<data:post.snippet/>

Ada satu kekurangan dari kode diatas, yaitu panjang kata pada snippet menjadi tidak dapat diatur, yaitu hanya menjadi kisaran 130-140 kata saja.

Nah, ketika saya sedang berjalan-jalan di blog BUNGFRANGKI, saya secara tidak sengaja melihat kode snippet. Setelah saya coba kode tersebut, ternyata fungsinya sama seperti <data:post.snippet/>, tetapi dapat diatur katanya! Berikut kodenya:

<b:eval expr='snippet(data:post.body, {length: 200, links: false,linebreaks: false, ellipsis: true}).escaped'/>

Silakan anda ganti angka 200 yang saya mark kuning dengan jumlah kata yang anda inginkan untuk ditampilkan pada snippet. Jujur saja, kode ini sangat-sangat berguna, apalagi untuk para pembuat template khususnya bagi yang ingin templatenya menjadi fast-load seperti Template Jarwo.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.