Cara Mengganti Panjang Kata Snippet Tanpa Load Keseluruhan Post Body

    Kali ini saya ingin membagikan tutorial seputar cara mengatur panjang kata pada HTML <data:post.snippet/> tanpa harus mengubahnya terlebih dahulu ke <data:post.body/> sehingga harus memuat atau load keseluruhan body.

    Seperti yang anda ketahui, rata-rata para pembuat template menggunakan kode <data:post.body/> plus sedikit campuran JavaScript untuk menampilkan deskripsi singkat dari postingan di homepage alias snippet. Padahal, script tersebut sama saja untuk menyuruh browser me-load keseluruhan isi artikel, sehingga membuat loading blog menjadi berat dan membuat masalah Optimize Images di PageSpeed Insights.

    Oleh karenanya, saya menyarankan untuk mengganti kode tersebut menjadi seperti ini:

    <data:post.snippet/>

    Ada satu kekurangan dari kode diatas, yaitu panjang kata pada snippet menjadi tidak dapat diatur, yaitu hanya menjadi kisaran 130-140 kata saja.

    Nah, ketika saya sedang berjalan-jalan di blog BUNGFRANGKI, saya secara tidak sengaja melihat kode snippet. Setelah saya coba kode tersebut, ternyata fungsinya sama seperti <data:post.snippet/>, tetapi dapat diatur katanya! Berikut kodenya:

    <b:eval expr='snippet(data:post.body, {length: 200, links: false,linebreaks: false, ellipsis: true}).escaped'/>

    Silakan anda ganti angka 200 yang saya mark kuning dengan jumlah kata yang anda inginkan untuk ditampilkan pada snippet. Jujur saja, kode ini sangat-sangat berguna, apalagi untuk para pembuat template khususnya bagi yang ingin templatenya menjadi fast-load seperti Template Jarwo.