Cara Melihat Tampilan Situs Web / Blog Kita Yang Dahulu di Web Archive

    Kita sebagai pemilik sebuah situs entah web atau blog pasti pernah melakukan pergantian atau perubahan tampilan. Kalau pengguna Blogger blogspot, biasanya hal ini dinamakan ganti template.

    Biasanya orang mengganti templatenya dengan beberapa tujuan yang berbeda-beda, ada yang hanya ingin mengikuti tren desain, tidak suka dengan tampilan yang lama, bosan dengan tampilan yang lama, atau bahkan agar blognya semakin SEO Friendly.

    Saya waktu itu pernah iseng kepingin tau bagaimana tampilan blog KaJe yang dulu. Setelah kesana kemari mencari tau, akhirnya saya dapat cara melihat tampilan blog saya yang dulu, yaitu dengan Web Archive - Wayback Machine.

    Bagi yang ingin tau juga, silakan ikuti panduan berikut ini.

    Cara Melihat Tampilan Blog Yang Dulu / Lama


    Pertama, anda buka terlebih dahulu link berikut ini:

    http://web.archive.org/web/*/http://www.kodejarwo.com/

    Ganti http://www.kodejarwo.com/  dengan link blog anda. Lalu, disana akan ada kalender, pilihlah salah satu angka tanggal yang berwarna background hijau atau biru. Saya beri contoh seperti pada gambar dibawah ini, tanggal 3 bulan Februari.

    Contoh Tanggal WebArc

    Tunggu beberapa saat, kemudian tampilan web anda pada tanggal itu akan muncul...

    Tampilan Lama Blog Kode Jarwo

    Bagaimana? Mudah saja bukan?

    Semakin terkenal dan ramai pengunjung di blog anda, semakin banyak pula screenshot dari blog anda pada masa lalu. Jadi, bila screenshot blog anda tidak ada sama sekali di web ini, berarti blog anda termasuk masih baru dan sepi.