Menghilangkan Nama Blog Muncul Di Depan Judul Artikel Saat Share

    Lama tidak update artikel di blog ini ya... Karena kesibukan jasa & buat template. Update lagi seputar cara menghilangkan nama blog yang muncul di depan judul artikel pas share di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Kurang lebih penampakannya seperti ini:

    Contoh dari masalah ini

    Bisa anda lihat, di sana terdapat tulisan Blog Kode Jarwo : di depan tulisan judul Cara Mengatasi HTML Iframe Yang Tidak Muncul / Blank. Tentu hal tersebut agak mengganggu, karena sudah ada tertera nama blog di gambar atau url, sehingga tidak perlu lagi ditampilkan di judul.

    Bagaimana cara menghilangkan atau menghapusnya?

    Mudah saja, sekarang silakan anda masuk ke Blogger, Tema, Edit HTML. Setelah itu, klik di sembarang kode, kemudian tekan CTRL + F. Nanti akan muncul kotak pencarian, cari kode berikut:

    <meta expr:content='data:blog.pageTitle' property='og:title'/>

    Bila sudah ketemu, hapus kode tersebut dan ganti menjadi seperti ini:

    <meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>

    Simpan kode dan cobalah share ulang.

    Bagi yang masih belum work (saat share di Facebook)


    Khusus untuk yang share via Facebook, bila sudah melakukan cara di atas namun nama blog masih tetap muncul di depan judul artikel, berarti anda perlu melakukan Debug. Cara melakukan debug share Facebook mudah saja, pertama silakan anda buka link berikut ini:

    Facebook Sharing Debugger

    Setelah itu, nanti akan ada kolom, masukkan url artikel yang ingin anda share. Contohnya seperti ini:

    Masukkan url untuk didebug

    Setelah itu, silakan anda tekan tombol Debug. Bila muncul peringatan berwarna merah seperti gambar berikut:

    Tombol untuk melakukan fetch ulang

    Tekan saja "Fetch new information". Tunggu sampai selesai, lalu scroll kebawah. Nanti ada tulisan "Scrape again" atau dalam bahasa Indonesia "Kurangi lagi", tekan itu. Tunggu beberapa saat, dan selesai!

    Kini nama blog sudah bisa dipastikan tidak akan muncul lagi di depan judul artikel saat anda share di media sosial, terutama Facebook...