Cara Memasang Judul Artikel Di Atas Kolom Komentar Blogger

    Sesuai request dari salah satu teman Blogger kita, kali ini saya ingin share artikel seputar cara membuat dan memasang judul di atas kolom komentar Blogger. Salah satu alasan mengapa kita harus menempatkan ulang judul di atas kolom komentar ialah agar tag heading di blog berfungsi maksimal, lebih SEO (keyword), dan heading lebih tertata rapi.

    Salah satunya seperti ini:

    Contoh Judul di Atas Kolom Komentar

    Tampak biasa saja. Padahal, tulisan diatas memiliki makna lebih kepada mesin pencari, yaitu sebagai penambah keyword yang saya targetkan pada judul. Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca pada artikel saya sebelumnya seputar teknik penggunaan tag heading yang SEO Friendly.

    Biasanya hampir setiap template sudah ada fitur ini. Tetapi ada beberapa yang tidak ada, jadi anda harus membuat dan memasang secara manual.

    Langsung saja yah...

    Cara Memasang Judul Artikel Di Atas Kolom Komentar Blogger


    Pertama, silakan anda masuk ke Edit HTML. Lalu, cari kode berikut:
    <div class='comments' id='comments'>

    Biasanya ada lebih dari 1, anda dapat memakai yang pertama. Atau, pakai saja semuanya agar dapat bekerja dengan sempurna. Bila sudah ketemu semua, masukkan kode ini tepat diatas kode tadi:
    <p class='jarwo-h3comment'><data:post.numComments/> komentar untuk <data:blog.pageName/></p>
    <style>p.jarwo-h3comment {padding: 10px;text-align: center;font-weight:700}</style>

    Simpan template dan lihat hasilnya. Bila anda ingin mengubah tampilannya, silakan edit pada bagian CSS di kode diatas. Kode CSS nya terletak di dalam <style> .... </style>.