Mengatasi Masalah Penyempurnaan Deskripsi Meta di Search Console
Mengatasi Masalah Penyempurnaan Deskripsi Meta di Search Console

Mulai dari sekarang saya katakan, jangan sembarangan dalam membuat judul di dalam artikel, mengapa? Tentu untuk menghindari dari masalah-masalah yang berkaitan dengan SEO.

SEO lagi, SEO lagi... Memang tidak akan pernah habis untuk dibahas...

Salah satu masalah SEO yang akan kita bahas kali ini adalah seputar Search Console, bab Penyempurnaan HTML, bagian Deskripsi Meta.

Deskripsi meta merupakan sebuah meta di web yang biasanya terletak di bagian head, bentuknya kurang lebih seperti ini:

<meta expr:content='....' name='description'/>

Meta deskripsi ini cukup berperan penting bagi SEO, yaitu dapat menjadi pengganti snippet di hasil penelusuran. Kita harus dapat menempatkan keyword di dalam meta ini sebanyak dan sepadat mungkin agar artikel mudah masuk pageone, dengan catatan susunan keyword harus lebih terlihat natural agar tidak terlihat SPAM.

Hampir di semua template keluaran 2016 ke atas, meta deskripsi bersifat dinamis, berisi oleh deskripsi blog (bila di homepage), dan berisi judul artikel (bila di dalam sebuah post).

Pada bab penyempurnaan HTML di Search Console, anda akan melihat 3 jenis permasalahan deskripsi meta, yaitu:

  1. Duplikasi deskripsi meta
  2. Deskripsi meta panjang
  3. Deskripsi singkat meta

Ketiga masalah diatas harus segera anda atasi, karena berkaitan dengan SEO. Nah kali ini Kode Jarwo ingin membuat artikel seputar cara mengatasi ketiga masalah deskripsi meta diatas. Mari disimak.

Cara Mengatasi Masalah Penyempurnaan HTML: Deskripsi Meta di Search Console


Setiap masalah deskripsi meta memiliki pengertian dan caranya masing-masing. Jadi tutorialnya saya bagi menjadi tiga, saya akan mulai dari duplikasi terlebih dahulu.

1. Duplikasi Deskripsi Meta


Seperti namanya, duplikasi deskripsi meta berarti ada meta deskripsi di sebuah halaman blog anda yang sama atau terduplikat dengan halaman lainnya. Biasanya hal ini terjadi karena anda pernah membuat 2 buah halaman yang berjudul sama. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan duplikasi meta deskripsi, yaitu:
  • Masih menggunakan subdomain blogspot
  • Lupa mengatur meta deskripsi
  • Pernah membuat 2 atau lebih halaman dengan judul yang sama
Solusinya gampang, anda hanya perlu membalikkan ketiga poin diatas menjadi:
  • Menggunakan domain TLD & buat properti baru di Webmaster
  • Atur meta deskripsi di Setting Blogger atau Edit HTML
  • Hapus salah satu halaman dengan judul yang sama
Selesai. Saya yakin hampir 100% masalah anda akan terselesaikan. Biasanya, masalah ini dialami oleh para pengguna subdomain blogspot, jadi segeralah ganti ke TLD.

2. Deskripsi Meta Panjang


Deskripsi meta panjang berarti meta deskripsi anda terlalu panjang isinya. Deskripsi memang sangat disarankan untuk tidak terlalu panjang, karena akan membuat tampilan di SERP menjadi jelek dan terpotong. Ada beberapa faktor penyebabnya, antara lain:
  • Judul artikel di blog anda terlalu panjang
  • Deskripsi blog anda terlalu panjang lebar
Jangan buat judul yang terlalu panjang, karena biasanya template secara otomatis mengatur judul artikel menjadi deskripsi meta. Judul yang pas itu yang tidak terpotong di hasil penelusuran, misal seperti ini:

Contoh Judul Artikel Yang Pas

Biasanya terdiri dari 60-70 kata dalam suatu kalimat. Kalau lebih daripada itu, biasanya terpotong menjadi titik-titik (...).

3. Deskripsi Singkat Meta


Kebalikan dari deskripsi meta panjang, deskripsi singkat meta berarti deskripsi artikel anda terlalu pendek. Faktor penyebab dari masalah ini antara lain:
  • Judul artikel terlalu pendek
  • Deskripsi blog terlalu pendek
Cara mengatasinya juga kebalikannya dari deskripsi meta panjang, yaitu menambah kata dan kalimat di dalam judul artikel blog anda hingga berkisar antara 60-70 kata.

Jujur saja, sampai sekarang saya terkadang masih terkena salah satu dari ketiga masalah deskripsi meta diatas, karena saya masih agak teledor dalam memperhatikan judul artikel. Padahal, judul artikel memiliki peran yang sangat vital bagi artikel tersebut, yaitu menjadi salah satu faktor penyebab artikel bisa masuk ke pageone dan rank one.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.

Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 22 Maret 2018 20.44

Sama-sama

Balas
Kode Kuliahan Kode Jarwo
Kode Kuliahan
# 13 Maret 2018 11.41

Terima kasih bang Jarwo, sekarang saya paham permasalahannya

Balas