Cara Mengatasi HTML Iframe Yang Tidak Muncul / Blank
Cara Mengatasi HTML Iframe Yang Tidak Muncul / Blank

Pada saat saya membuat blog baru khusus untuk Demo dari template-template yang sudah pernah saya buat (blog Jarwo Template), saya sempat mendapatkan kendala.

Kendala yang saya hadapi adalah pada bagian Iframe.

Dalam membuat blog bertema khusus DEMO seperti ini, iframe dalam HTML memiliki peranan yang sangat penting. Iframe dapat menjadi sebuah bingkai yang nantinya akan menampilkan blog lain dalam bentuk aslinya.

Untuk lebih jelasnya silakan anda lihat link berikut: https://template.kodejarwo.com/2018/04/jarwo-seamp.html. Halaman pada link di atas menampilkan tampilan dari blog aslinya yaitu https://jarwo-seamp.blogspot.com.

Kembali ke topik permasalahan, kendala yang saya alami adalah Iframe yang terkadang tidak work, alias tidak menampilkan apa-apa. Halaman hanya menjadi kosong saja, padahal saya sudah menambahkan iframe di dalamnya.

Ada beberapa hal yang mengakibatkan iframe tidak muncul, diantaranya sebagai berikut:

Solusi untuk IFRAME yang blank atau tidak muncul


a. Untuk yang ingin menampilkan dari URL Blogspot


Contoh kode iframe yang menampilkan URL blogspot adalah seperti ini:

<iframe src="https://jarwo-seamp.blogspot.com"/>

Agar iframe tidak blank, pastikan URL blogspot tersebut sudah benar. Jangan gunakan www di depannya, karena hal tersebut membuat iframe menjadi error dan tidak bekerja.

Selain itu, jangan menggunakan subdomain hasil redirect negara, contohnya .blogspot.co.id, .blogspot.jp, .blogspot.us, dan lain-lain. Tetap menggunakan .blogspot.com agar bisa bekerja dengan sempurna.

b. Penggunaan WWW


Yang kedua ialah selalu perhatikan, apakah web tersebut menggunakan subdomain www di depannya atau tidak. Sebagian besar dari anda lupa, bahwa tidak semua situs web yang ada di internet ini menggunakan subdomain www di depannya.

Terkecuali bagi blog yang menggunakan hosting dari Blogger, sudah tentu anda harus menggunakan www di depannya.

c. Pakai SSL atau tidak?


Yang terakhir adalah pastikan apakah URL dari blog yang ingin anda tampilkan di Iframe menggunakan SSL atau tidak. Bila iya, maka gunakan HTTPS di depannya. Bila tidak, cukup gunakan HTTP saja.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan HTTP di setiap URL di iframe, agar tidak terjadi error dan Iframe tetap dapat muncul dengan sempurna.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Cara Mengatasi HTML Iframe Yang Tidak Muncul / Blank.

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.