Sekarang Blog Kode Jarwo Menggunakan Beberapa Subdomain
Sekarang Blog Kode Jarwo Menggunakan Beberapa Subdomain

Kemarin saya melakukan update besar-besaran kepada blog Kode Jarwo. Salah satu yang paling besar dalam update ini adalah saya sekarang sudah menggunakan Subdomain.

Bila yang sebelumnya blog ini beralamatkan https://www.kodejarwo.com, sekarang pindah ke alamat https://blog.kodejarwo.com.

Ya, kegiatan ini mungkin tergolong cukup "ekstrem", karena ada berbagai macam rintangan serta masalah yang harus dihadapi (sendiri oleh saya) untuk mengganti domain. Salah satu masalah yang paling besar adalah trafik yang benar-benar turun secara drastis.

Saya mulai pekerjaan berat ini dari pagi, tanggal 21 Maret 2018 sampai malamnya. Total terhitung sekitar 18 jam non stop saya bekerja. Berikut catatan kegiatan-kegiatan yang saya kerjakan.

1. Penambahan subdomain


Hal yang paling pertama tentu saya mendaftarkan subdomain yang saya inginkan di DNS. Bukan hanya blog ini, ada beberapa subdomain lainnya yang sudah selesai saya daftarkan di IDwebhost, yaitu:

  • https://saladinez.kodejarwo.com
    - Dari saladinez.blogspot.com
  • https://en.kodejarwo.com
    - Dari codejarwo.blogspot.com
  • https://tugas.kodejarwo.com
    - Dari tugasjarwo.blogspot.com
  • https://template.kodejarwo.com
    - Lupa saya domain sebelumnya apa...


Setelah nunggu beberapa saat untuk konfigurasi subdomain serta SSL, akhirnya semua telah selesai. Untuk anda yang ingin membuat seperti ini juga, silakan dibaca artikel saya ini: Cara Mudah dan Gratis Membuat Subdomain di Blogger dari IDwebhost.

2. Mengimpor artikel dari KJ.com ke blog.KJ.com


Setelah selesai membuat domain, saya mengimpor semua artikel dari blog kodejarwo.com ke blog.kodejarwo.com. Kemudian, agar visitor saya tidak hilang terlalu banyak, saya melakukan redirect dari postingan lama ke postingan baru.

Nah di sinilah masalah terbesar datang...

Setelah selesai saya beri script redirect, ternyata sekitar 98% dari keseluruhan postingan saya error ketika di redirect. Hal ini diakibatkan script redirect tersebut memiliki cara kerja seperti ini:

https://www.kodejarwo.com/2002/02/test-saja.html

redirect ke

https://blog.kodejarwo.com/2002/02/test-saja.html

Sedangkan, saya dulu selalu melakukan custom permalink di Kode Jarwo, sehingga url akhir berbeda. Contohnya seperti ini:

https://www.kodejarwo.com/2002/02/test.html

redirect ke

https://blog.kodejarwo.com/2002/02/test.html

sedangkan URL aslinya:

https://blog.kodejarwo.com/2002/02/test-aja.html


Tentu hal ini mengakibatkan error, halaman tidak ditemukan. Di saat-saat seperti inilah keterampilan mengetik saya diuji. Saya terpaksa mengoptimasi ulang (ganti permalink, jadwal, internal link, dan broken link) seluruh artikel saya yang berjumlah 127.

Terhitung saya memulai pekerjaan yang kampret ini dari jam 18 WITA sampai 22 WITA, alias 4 jam lebih sedikit.

3. Mengatur ulang webmaster


Saya lihat jam sudah menunjukkan pukul 22.30 WITA. Mungkin sudah malam, tapi saya masih punya beberapa pekerjaan penting lainnya, salah satunya ialah mengatur ulang semua web yang saya pernah daftarkan di webmaster.

Beberapa pekerjaan yang saya lakukan antara lain:

  • Menghapus URL lama yang masih memakai blogspot (seperti blog saya yang Saladinez) dan menambahkan properti baru yang sudah menjadi Subdomain
  • Mengatur ulang sitemap dan pengindeksan
  • Mengatur url redirect supaya blog saya cepat terindeks
  • dan lain-lain...


Selesai... Akhirnya saya bisa tidur dengan tenang tepat jam 12 malam, atau sekitar 18 jam total saya bekerja di depan notebook untuk mengurus subdomain dari 4 blog...

Esok harinya, tepat pada saat saya menulis artikel ini, saya ingin mendesain ulang Kode Jarwo menjadi berbentuk seperti tampilan landing page. Tapi kebingungan mau desain seperti apa...
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

2 komentar untuk Sekarang Blog Kode Jarwo Menggunakan Beberapa Subdomain.

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 14 April 2018 16.49

Karena ada banyak kelebihannya, barusan selesai saya buat artikelnya disini: Kelebihan dan Kekurangan Subdomain.

Balas
Ayano Awang Kode Jarwo
Ayano Awang
# 14 April 2018 12.34

Tujuan ganti ke subdomain kenapa kang? Padahal sayang trafik turun dan repot. saya saja susah balikin trafik karena ganti domain

Balas