Pentingnya Mengaktifkan Moderasi Komentar Bagi SEO Blog
Pentingnya Mengaktifkan Moderasi Komentar Bagi SEO Blog

Seperti yang anda ketahui, Blogger memiliki sistem komentarnya sendiri. Itu berarti, secara default para pengguna Blogger pasti menggunakan sistem komentar tersebut.

Salah satu fitur yang terdapat didalamnya ialah sistem moderasi komentar sebelum diterbitkan. Dengan artian, bila seseorang berkomentar di blog anda, maka komentar tersebut tidak akan langsung muncul. Komentar akan masuk ke Gmail anda terlebih dahulu, lalu melalui proses apakah anda ingin menerbitkan komentar tersebut atau tidak.

Contoh Gmail Moderasi Komentar

Gmail diatas adalah salah satu contohnya. Komentar tersebut belum muncul di artikelnya, jadi saya dapat memilih apakah mau dipublikasikan, hapus, atau tandai sebagai spam komentar tersebut.

Bila saya publikasikan, maka komentar akan muncul. Bila saya hapus, maka komentar akan terhapus untuk selama-lamanya. Sedangkan bila saya tandai sebagai spam, maka setiap kali orang tersebut berkomentar di blog saya, maka komentarnya akan masuk ke folder spam di Blogger.

Bagi anda yang ingin mengaktifkan moderasi komentar ini juga di blog, silakan buka blogger.com, Setelan, Postingan Komentar dan Berbagi, lalu pada bagian moderasi komentar, silakan anda pilih selalu dan masukkan alamat Gmail anda disana.


Nanti setiap ada komentar baru, anda akan menerima Gmail di akun tersebut.

Yang sering menjadi sebuah pertanyaan ialah, apa kegunaan mengaktifkan moderasi komentar ini? Atau apa kegunaannya? Tentu sangat berguna, bahkan bagi SEO. Kali ini saya ingin menjelaskan apa saja keuntungan dan mengapa anda perlu mengaktifkan moderasi komentar di Blogger.


Pentingnya Mengaktifkan Moderasi Komentar Bagi SEO Blog


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, moderasi komentar dapat meningkatkan SEO. Benarkah? Iya. Seperti yang anda ketahui, Google sangat tidak menyukai semua hal yang berbau SPAM, dewasa, dan hal-hal ilegal lainnya.

Dengan mengaktifkan moderasi komentar, anda sudah membantu mengurangi komentar SPAM dan jelek di blog anda. Untuk salah satu contohnya silakan anda lihat gambar dibawah ini:

Contoh Komentar yang Bersifat SPAM

Pada salah satu artikel saya yang berjudul Cara Memasang Toggle Show/Hide untuk Komentar Blogger Pure CSS, ada seseorang yang berkomentar seperti gambar diatas, yaitu seputar jasa peminjaman dana.

Tentu komentar tersebut tidak memiliki nilai tambah sama sekali terhadap blog dan artikel saya, justru menambah nilai buruk karena komentar tersebut berbau SPAM dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan blog saya.

Belum lagi biasanya ada komentar yang berbau obat dewasa...

Bahkan biasanya orang-orang yang berkomentar seperti itu tidak tanggung-tanggung, ia berani melakukannya kepada banyak blog, dari blog besar sampai blog kecil, dan berkomentar tidak hanya 1 artikel, bisa 5 keatas.

Tentu hal-hal seperti ini harus segera dibasmi dari blog anda, agar SEO tetap terjaga dan Google tidak memiliki pandangan negatif terhadap blog anda...
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM, Fake Account, dan Flamming disini.