Alasan Saya Hijrah Browser Dari Firefox Ke Chrome Untuk Blogging
Alasan Saya Hijrah Dari Firefox Ke Chrome Untuk Blogging

Saya sudah lama sekali ngeblog. Lama sekali, dari beberapa tahun yang lalu, pada saat blog seperti PanduanIM masih sering update. Mungkin istilahnya bukan blog, karena saya memakai platform Wordpress pada saat itu, baru akhir-akhir ini kisaran 2 tahun saya mencoba memakai Blogger.

Selama itu juga, jenis browser yang saya pakai adalah Mozilla Firefox...

Entah kenapa, selama bertahun-tahun saya betah menggunakan browser ini. Sempat kepikiran oleh saya ingin mencoba ke yang lain misal Google Chrome, tapi tidak mau. Update blog, riset keyword, inspect element, hingga membuat template semua saya lakukan di Mozilla Firefox.

Lalu, beberapa minggu yang lalu, saya sempat mendapatkan masalah pada PC yang biasa saya gunakan, sehingga hal ini mengganggu saya untuk melanjutkan kegiatan blogging. Untungnya saya masih ada simpanan notebook nda terpakai, jadi langsung tancap gas saja...

Berbekal RAM sebesar 2 GB dan clock speed secepat 1.8 GHz, saya lanjutkan kegiatan blogging, dan masih menggunakan Firefox.

Setelah beberapa lama saya pakai, saya mendapatkan beberapa masalah. Salah satu masalah yang paling saya tidak sukai ialah terkadang laptop saya hang karena tidak kuat untuk dipakai inspect element.

Saya pun kebingungan, apa penyebabnya? Setelah saya telusuri, ternyata penyebabnya bermula dari spek notebook saya yang kurang memadai dan browser saya yang berat, mengambil banyak sekali RAM dan CPU. Sejak saat itu saya berniat pindah ke browser lain sambil menunggu PC saya baik, dan pilihan saya Google Chrome.

Dan ternyata benar, sejak memakai Chrome masalah saya kelar. Saya dapat dengan mudah edit HTML dan sebagainya lewat notebook saya, tanpa ada lag. Langsung sejak saat itu saya hijrah ke Chrome.

Tidak hanya itu, ada beberapa kelebihan lainnya yang saya dapat di browser ini. Berikut saya jabarkan semuanya.

1. Ringan, sangat ringan


Yang pertama dan yang paling saya sukai adalah browser Chrome sangatlah ringan. Ia tidak memakan banyak sekali CPU dan RAM, sehingga sangat cocok bagi anda para Blogger yang ngeblog menggunakan PC yang low-end spec.

Anda dapat dengan leluasa ngeblog sambil buka Youtube, edit gambar di Photoshop, bahkan sambil bermain Minecraft. Istilahnya sangat cocok bagi anda yang suka multitasking.

2. Navigasi yang mudah - Bookmark Page


Navigasi yang mudah - Bookmark Page

Selain itu, saya juga sangat dimudahkan dalam menavigasi situs-situs apa saja yang saya sering buka. Dengan fitur bookmark yang tersedia di Chrome, saya tidak perlu capek-capek lagi menulis URL situsnya. Saya hanya perlu melihat ke atas dan disana sudah ada listnya.

Kita pun juga dapat membuat folder disana. Contohnya pada gambar diatas paling kiri terdapat folder yang bernama Kode Jarwo. Folder tersebut saya isi dengan semua hal yang berkaitan dengan blog Kode Jarwo ini, misalnya hasil laporan kecepatan di GTmetrix, PageSpeed, hasil laporan Alexa, dan masih banyak lagi.

3. Tersedianya banyak ekstensi yang membantu aktivitas blogging


Nah yang terakhir ialah browser Chrome menyediakan banyak sekali ekstensi yang dapat anda pakai. Ekstensi-ekstensi tersebut sangatlah berguna untuk kegiatan blogging anda. Salah satu ekstensinya yang terkenal ialah MozBar.

Contoh Ekstensi MozBar

Dengan menggunakan MozBar, anda dapat dengan mudah mengecek spesifikasi blog di pencarian Google. Contohnya seperti pada gambar diatas, anda dapat dengan mudah mengecek berapa Page Authority dan Domain Authority dari domain play.google.com

Mungkin itu saja sedikit curhatan dari saya...
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.