Cara Mengatasi Deskripsi Blog "No information is available for this page"
Cara Mengatasi Deskripsi Blog "No information is available for this page"

Lama nda berbagi tutorial lagi... Kali ini saya ingin berbagi solusi untuk deskripsi blog yang berubah menjadi "No information is available for this page" atau dalam bahasa Indonesia "Tidak ada informasi mengenai halaman ini".

"No information is available for this page"

Untuk contoh penampakannya bisa anda lihat pada gambar diatas.

Bila blog anda mendapatkan masalah diatas juga, itu berarti robot Google tidak dapat mengakses halaman tersebut, tetapi halaman malah terindeks. Sehingga halaman muncul, tetapi tidak ada deskripsinya, deskripsi berubah menjadi No information is available for this page.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan masalah deskripsi ini, salah satunya adalah karena anda salah mengatur robots.txt blog. Untuk melihat robots.txt di blog anda, coba pakai link ini:

nama-blog-anda.com/robots.txt

Tentu hal ini membuat blog anda menjadi tidak SEO, karena seperti yang kita ketahui, deskripsi penelusuran memiliki peran yang lumayan penting bagi SEO dan salah satu faktor penentu rangking di pageone.

Berikut cara mengatasi deskripsi Blog yang berubah menjadi "No information is available for this page" untuk Blogger TLD maupun Blogspot.

Cara Mengatasi Deskripsi Blog "No information is available for this page"


1. Setting robots.txt menjadi default


Sekarang, silakan anda masuk ke blogger.com, lalu pada bagian Setelan, pilih Preferensi Penelusuran.

Setting robots.txt menjadi default

Pada bagian perayapan dan pengindeksan, terdapat menu robots.txt khusus (lihat tanda panah pada gambar diatas). Bila anda mengaktifkan robots.txt tersebut, segera matikan, sehingga statusnya menjadi Dinonaktifkan.

Dinonaktifkan bukan berarti blog anda tidak mempunyai robots.txt lagi, akan tetapi robots.txt dikembalikan seperti default. Tujuan mengembalikan seperti default adalah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan, karena bila anda mengatur sendiri robots.txt, dan ternyata pengaturan anda salah, akibat yang ditimbulkan bisa fatal, seperti blog hilang dari Google.

2. Setting Tag Robot Khusus menjadi default


Yang kedua ialah Setting Tag Robot Khusus menjadi default. Caranya mudah, pertama silakan anda cari terlebih dahulu postingan mana yang terkena masalah ini di hasil pencarian. Bila sudah ketemu, edit postingan tersebut.

Pada bagian setelan entri, terdapat Tag Robot Khusus. Pilih pada bagian default.

Tag Robot Khusus

Simpan dan tunggu sampai artikel tadi telah terindeks ulang oleh Google.

Bagaimana? Mudah saja bukan? Semoga masalah deskripsi blog anda cepat terselesaikan...
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.