Cara Membatasi Jumlah Postingan yang Muncul di Widget Label Blog
Cara Membatasi Jumlah Postingan yang Muncul di Widget Label

Kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit tutorial cara membatasi jumlah postingan yang muncul ketika klik sebuah kategori di widget label Blogger.

Anda sebagai seorang Blogger pasti sudah tidak asing lagi yang namanya widget label. Ya, widget label adalah widget bawaan blogger yang berfungsi untuk menampilkan label-label atau kategori postingan di blog anda.

Cara memasangnya pun cukup mudah, anda hanya perlu membuka tata letak, tambahkan widget, lalu pilih widget label.

Widget ini pun katanya berperan sangat penting bagi SEO. Selain itu juga dapat menambah User Experience (UX) karena dapat memudahkan pengunjung untuk menavigasi blog anda. Bahkan ada beberapa teman blogger saya yang merekomendasikan untuk menggunakan widget ini selagi masa review AdSense agar mudah diterima.

Nah yang menjadi masalahnya ialah, ketika salah satu label kita klik, maka semua postingan dengan kategori tersebut akan muncul. Tentu hal ini menjadi masalah karena membuat tampilan berantakan dan tidak sesuai dengan homepage yang biasanya hanya menampilkan beberapa post.

Tapi tenang saja, saya sudah tau cara membatasi jumlah postingan yang munculnya. Mari kita bahas...

Cara Membatasi Jumlah Postingan yang Muncul di Widget Label / Kategori


Seperti biasa, pertama dan yang paling utama silakan anda buka Edit HTML di blog anda. Lalu, klik di sembarang kode, dan tekan CTRL + F. Setelah itu, cari kode berikut:

expr:href='data:label.url'

Kode diatas adalah kode yang berfungsi untuk menambahkan link kepada label. Jadi anda perlu memasukkan atribut max-results agar dapat mengubah berapa post yang harus ditampilkan tiap label. Contohnya ubah menjadi seperti ini:

expr:href='data:label.url + "?&max-results=6"'

Perhatikan angka 6 yang saya mark kuning diatas. Ganti angka tersebut dengan jumlah postingan yang mau anda munculkan ketika label di klik. Terapkan cara diatas kepada semua kode expr:href='data:label.url'. Setelah itu, simpan template dan lihat hasilnya.

Bagaimana? Mudah saja bukan?
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.