Bahaya Halaman Search Yang Terindex oleh Mesin Pencari Bagi SEO & Ads

Bahaya Halaman Search Yang Terindex oleh Mesin Pencari Bagi SEO & Ads

Seperti yang kita ketahui, secara default Blogger telah menetapkan pada robots.txt nya bahwa semua halaman yang berawalan /search tidak akan terindex. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat file robots.txt anda dengan link seperti ini:

http://nama-blog-anda.com/robots.txt

Ganti nama-blog-anda.com dengan link blog anda, contohnya www.kodejarwo.com/robots.txt.

Disana anda dapat melihat link atau url mana yang tidak diperbolehkan untuk dirayapi oleh Robot mesin pencari. Biasanya, bentuk yang ada didalamnya seperti ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://www.kodejarwo.com/sitemap.xml

Disana terlihat bahwa url yang Disallow adalah /search

Itu berarti semua url yang berawalan /search di blog anda tidak akan dirayapi oleh robot mesin pencari. Contoh url berawalan /search adalah halaman hasil pencarian dan halaman label di blog.

Anda juga dapat menambahkan url mana saja selain /search yang tidak perlu diindex dan dirayapi oleh mesin pencari lewat Setelan, Preferensi Penelusuran, lalu pada bagian Perayapan dan Pengindeksan terdapat robots.txt khusus, silakan tekan Edit dan tulis url anda disana.

Sekarang kembali ke topik awal.

Secara default, Blogger membuat halaman search tidak dapat terindex oleh mesin pencari. Mengapa Demikian?

Ternyata, ada pengaruh yang cukup besar terhadap SEO dibalik tidak terindeksnya halaman search. Bukan hanya ke SEO, hal ini ternyata juga berpengaruh besar terhadap keberlangsungan akun AdSense anda. Terindeksnya halaman search dapat membuat akun AdSense anda rentan terkena banned.

Langsung saja kita bahas dari pertama, yaitu pengaruh ke SEO.

1. Pengaruh Terindeksnya Halaman Pencarian ke SEO


Seperti yang kita ketahui, Google dan mesin pencari lainnya hanya ingin menampilkan informasi yang relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna. Informasi relevan yang dimaksud disini ialah bila kita mencari kw "membuat donat", maka yang muncul ialah cara membuat donat.

Sekarang coba kita pikirkan, bila halaman search di blog anda terindex. Kita ambil contoh disini adalah halaman hasil pencarian. Seseorang pengunjung di blog anda mencari lewat kotak pencarian yang tersedia dengan kata "cara membuat donat". Ternyata blog anda tidak membahasnya, sehingga akan menampilkan halaman kosong dan bertuliskan "Tidak ada hasil pencarian untuk: cara membuat donat".

Halaman kosong bekas pencarian tadi ternyata terindeks oleh mesin pencari. Bahkan masuk ke pageone dengan keyword "cara membuat donat".

Tentu bila ada seseorang mencari keyword tersebut di Google dan tidak sengaja mengklik blog ada, ia hanya mendapatkan halaman kosong saja. Tentu hal ini akan menambah bounce rate karena ia akan langsung keluar mencari web lain yang membahasnya.

Google sangat-sangat tidak menyukai ini.

Oleh karenanya saya katakan sangat berpengaruh terhadap SEO blog anda.

2. Pengaruh Terindeksnya Halaman Pencarian dengan AdSense dan Situs Penyedia Iklan Lain


Situs-situs penyedia iklan seperti AdSense melarang para publishernya untuk menampilkan iklannya pada halaman/situs yang tidak sesuai dengan kebijakannya. Salah satu kebijakannya yaitu dilarang menempatkan iklan pada halaman/situs yang berbau dewasa/p*rn.

Anda semua sudah pasti tau itu.

Namun apa jadinya, bila ada seseorang yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja mencari kata yang berbau dewasa pada kotak pencarian blog anda. Dan pada akhirnya pencarian tersebut terindeks.

Tentu hal ini dapat membahayakan iklan anda.

Bukan hanya iklan, SEO juga tentunya.

Jangan kaget kalau tiba-tiba anda mendapatkan Gmail dari AdSense berupa penangguhan penampilan iklan selama 30 hari bahkan ada beberapa yang langsung terkena banned di tempat.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

2 komentar untuk Bahaya Halaman Search Yang Terindex oleh Mesin Pencari Bagi SEO & Ads.

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Ozik Jarwo Kode Jarwo
Ozik Jarwo author
# 3 Februari 2018 09.49

Sama sama

Balas
pak klasik Kode Jarwo
pak klasik
# 2 Februari 2018 21.56

Mantap mas,ini yang dicari-cari :D terims

Balas