Bahaya & Kekurangan Menggunakan Domain Gratis Dari Freenom
Bahaya & Kekurangan Menggunakan Domain Gratis Dari Freenom

Siapa yang tidak kenal Freenom? Anda para blogger pasti sudah sangat familiar dengan nama ini. Freenom merupakan situs penyedia domain untuk website atau blog.

Sepintas tidak ada yang berbeda dengan penyedia domain lainnya, tetapi ternyata Freenom menawarkan domain khusus secara gratis kepada siapa saja. Itulah yang membuatnya terkenal. Daftar domain gratis yang disediakannya antara lain:
  1. .tk
  2. .ml
  3. .ga
  4. .cf
  5. gq
Daftar domain gratis yang disediakan oleh Freenom

Domain-domain diatas gratis selama satu tahun lamanya. Untuk perpanjangan anda akan dikenakan biaya, tidak gratis lagi. Tetapi sudah ada banyak sekali trik yang beredar di internet cara mendapatkan domain gratis dari Freenom untuk selama-lamanya, tapi saya lupa gimana caranya...

Dibalik nikmatnya gratis, pasti ada kekurangan atau efek buruk di belakangnya. Bayangkan saja, siapa yang tidak rugi kalau membagikan domain secara gratis? Pasti para penyedia domain akan merugi karena mereka juga mengeluarkan biaya untuk maintenance, server, dan semacamnya.

Nah kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman sekaligus membahas bahaya menggunakan domain gratisan Freenom. Tidak hanya saya, ada beberapa blogger lainnya yang juga mengalami hal buruk ini setelah menggunakan domain gratis dari Freenom.

Mari kita simak...

Bahaya & Kekurangan Menggunakan Domain Gratis Dari Freenom


1. Blog terlihat tidak profesional


Kekurangan pertamanya yaitu blog menjadi terlihat tidak profesional. Mengapa begitu?

Jelas. Blog yang profesional tentu berani mengeluarkan sedikit maupun banyak biaya bagi perkembangan serta kebutuhan blogging nya. Semua berani ia korbankan bagi kenyamanan pengguna dan Search Engine. Masalah monetisasi menurutnya belakangan, tunggu bila blog sudah ramai atau hanya mengandalkan donasi saja.

Lalu apa jadinya bila anda menggunakan domain gratisan?

Tidak terlalu jauh berbeda bagi orang awam, karena orang yang masih awam di dunia blogging tidak tau mana domain gratisan dan berbayar, bahkan tidak mengerti apa itu domain.

Tetapi di mata para blogger, blog anda terlihat tidak profesional, bahkan sebagian beranggapan abal-abal alias hanya untuk dimonetisasi saja. Hal tersebut terlihat dari "pelit nya" sang pemilik blog untuk keluar duit dan tidak mementingkan bagaimana kedepannya blog tersebut.

Apalagi sekarang marak sekali blog-blog yang berbau ilegal seperti phising, situs dewasa,  dan semacamnya yang menggunakan domain gratisan dari Freenom. Tentu hal ini merusak nama domain gratis tersebut.

2. Domain sulit diingat


Berbeda dengan domain .com. Domain gratis dari Freenom seperti .tk .ml .ga dan semacamnya jarang sekali ditemui di mesin pencari, sehingga membuat orang tidak terlalu mengenalnya.

Hal ini juga dipengaruhi oleh terkenalnya domain com. Banyak sekali orang awam yang tidak mengenal blogging, yang menganggap semua domain itu akhirannya sama, yaitu .com. Jadi apa sulitnya hanya membayar kisaran 140 ribu per tahun hanya untuk membeli domain com?

3. Domain dapat hilang KAPAN SAJA


Email suspend domain oleh Freenom, tanpa alasan yang pasti
Melihat gambar di samping ini, apa yang anda pikirkan?

Ya, gambar berikut merupakan sebuah Gmail yang ditujukan kepada salah satu sobat Blogger kita. Gmail itu berisi bahwa domain gratisan .ga yang ia pakai telah di suspend alias dihapus oleh pihak Freenom. Padahal domain tersebut sudah memiliki trafik.

Freenom men-suspend domain tersebut dengan alasan tidak sesuai dengan ToS dan peraturan yang berlaku di Freenom.

Tidak sesuai peraturan? Itu bohong. Padahal blog tersebut hanya berisikan foto dan gambar pemandangan alam yang indah di Indonesia.

Tidak lebih...

Saya juga pernah membuat blog percobaan dan didaftarkan domain gratisan dari Freenom. Saya isi blog tersebut dengan tutorial-tutorial seputar Photoshop. Selang 1 tahun lebih 2 bulan, dengan trafik yang sudah mencapai 1.5 ribu perharinya, domain saya terkena suspend. Bagaimana rasa sakitnya?

Jadi, harap selalu berhati-hati bagi para penggunanya, karena domain anda bisa saja hilang, kapan saja, dimana saja, apalagi yang sudah memiliki trafik per hari diatas seribu. Jangan sampai penyesalan datang di akhir.

4. Sulit diterima AdSense


Nah yang satu ini lebih parah lagi. Katanya, dari berbagai sumber yang saya dapat baik dari grup Blogging privat yang saya ikuti sampai grup Blogger terbesar di Indonesia, sejak AdSense update pada akhir 2017 lalu, domain Freenom akan sangat sulit sekali bisa diterima oleh Google AdSense.

Bahkan sangking sulitnya, hampir tidak ada yang bisa diterima. Mungkin hanya kebetulan saja...

Berbeda jauh dengan tahun 2016 sampai pertengahan 2017 lalu. Saya dapat dengan mudah sekali mendaftarkan domain gratisan Freenom dan hanya berselang waktu beberapa hari, blog sudah diterima, full approve, tanpa bug-bug club.

5. Sulit menentukan penargetan webmaster - berujung pada sulitnya Pageone


Yang terakhir, adalah artikel yang anda buat menjadi lebih sulit untuk berjuang di pageone, khususnya pada negara tertentu. Hal ini disebabkan oleh penargetan di Webmaster yang menyesuaikan domainnya.

Contoh domain ml. ML merupakan singkatan dari Mali. Mali merupakan sebuah negara yang berada pada Afrika Barat. Domain ml sendiri sebenarnya domain ccTLD, yaitu hanya dikhususkan untuk negara Mali tersebut. Hal ini bisa kita lihat di bagian negara penargetan pada webmaster.

Penargetan ke Negara Mali
Gambar diatas adalah contoh domain ml. Walaupun bahasa yang terdapat di dalam blognya adalah Indonesia, tetap Mali merupakan negara targetnya. Tentu hal ini menyulitkan anda untuk membuat artikel masuk di pageone, bisa jadi malah pageone di negara sana, bukan Indonesia.

Tapi jangan heran kalau ada yang tetap pageone, karena isi dari artikelnya berkualitas... Kualitas artikel tetap harus nomor 1 dibanding apapun, bahkan dibandingkan dengan SEO.
Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

Silakan berkomentar dengan sopan. Jangan buang-buang waktu anda hanya untuk melakukan SPAM di sini.

Hadi Gunawan Kode Jarwo
Hadi Gunawan
# 12 Februari 2018 22.03

Untung saya beli yang dot com hehe, keren artikelnya gan

Balas