Cara Cek Alexa Rank dengan Cepat dan Mudah, Via Android Maupun PC

    Masih seputar Alexa, kali ini saya ingin membagikan cara cek Alexa rank blog anda dengan cepat dan mudah. Bahkan anda bisa mengaksesnya lewat aplikasi Android maupun manual via PC.

    Seperti yang kita ketahui, Alexa Rank merupakan sebuah tools untuk para pemilik website untuk mengecek seberapa populer webnya, baik didunia maupun regional. Bahkan Alexa sering dijadikan cara melihat berapa peringkat webnya dikancah internasional, sehingga ada kebanggaan tersendiri bila memiliki Rank Alexa yang tinggi.

    Sedikit info, web dengan rank pertama di Alexa adalah Google...

    Cara menggunakannya pun cukup mudah, anda hanya perlu memasukkan link, cek, lalu lihat berapa peringkatnya. Peringkat diupdate setiap hari, jadi jangan lupa untuk mengeceknya secara rutin.

    Langsung saja kita bahas ke tutorial utamanya.

    Cara Cek Alexa Rank


    1. Lewat PC dan Android (manual)


    Silakan anda buka https://alexa.com/siteinfo, lalu masukkan link blog anda pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu, tekan cek, dan tunggu beberapa saat.

    Nanti disana akan muncul rating Alexa anda, kurang lebih penampakannya seperti ini:

    Cek Alexa Via Situs Alexa

    Tetapi, bila Rank anda belum muncul atau masih bertanda strip (-), itu berarti rating blog anda masih terlalu rendah, mungkin masih diatas 20 juta di Global. Agar bisa muncul, maka hal yang harus anda lakukan ialah meningkatkan Alexa Ranknya.

    2. Lewat PC dan Android (Otomatis)


    Untuk yang PC otomatis saya hanya tahu untuk browser Firefox, yaitu dengan menginstal add-ons yang bernama Alexa.com Toolbar. Untuk menginstalnya cukup mudah, anda hanya perlu membuka link https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/alexa-com-toolbar/ dari browser Firefox, lalu tekan Add To Firefox. Setelah terinstal, maka akan muncul ikon Alexa disebelah address bar. Tekan logo itu, nanti akan muncul Rank Alexa web yang anda kunjungi.

    Cek Alexa lewat Add-On Firefox PC

    Sedangkan bagi anda pengguna android, bisa menginstal aplikasi dari playstore yang bernama "Alexa Rank Checker". Cukup dengan membuka aplikasi tersebut, Rank Alexa blog anda sudah muncul. Terlebih loading pemuatan skor yang lebih cepat dibanding kita membuka situs Alexanya sendiri.

    Cek Alexa Via Android App

    Bagaimana? Mudah saja bukan? Rank Alexa ini berperan lumayan penting bagi blog anda, karena anda dapat menggunakan Alexa sebagai tolak ukur seberapa populer blog anda di dunia.