Cara Mengatasi Google+ Badge yang Blank / Hilang pada Blog
Cara Mengatasi Google+ Badge yang Blank / Hilang pada Blog

Google+ Badge atau dalam bahasa Indonesianya Lencana Google+ adalah sebuah widget yang disediakan oleh pihak blogger yang berguna untuk menampilkan profil akun Google+ anda. Untuk lebih jelasnya silakan anda lihat gambar di atas ini.

Selain itu, widget Google+ Badge ini juga berguna untuk menambah followers kita di Google+, karena disana disediakan tombol untuk memfollow.

Adapun cara pemasangannya yaitu buka dashboard blog anda (blogger.com) > Tata Letak > Tambahkan Widget > Scroll sampai ke bawah hingga ada tulisan Google+ Badge atau Lencana Google+.

Kembali ke topik, bagaimana bisa, widget sudah terpasang tetapi malah isinya blank alias kosong?

Itu dikarenakan anda dulunya pernah menghilangkan kode Javascript Google+ bawaan blogger, sehingga widget ini menjadi tidak work lagi.

Langsung saja, berikut cara mengatasinya.

Caranya...


Pertama, buka dashboard blog anda, pilih Tema, lalu klik Edit HTML.

Setelah itu, klik di sembarang kode, lalu tekan Ctrl + F. Bila kotak pencarian sudah muncul, cari kode berikut ini lalu tekan enter:

&lt;!--</body>--&gt; &lt;/body&gt;

Biasanya, kode ini terdapat diatas kode </html> (tag penutup body).

Bila anda menemukannya, hapus kode tersebut lalu ganti dengan kode dibawah ini:

</body>

Selesai, sekarang coba anda simpan template lalu buka blog dan lihat widget Google+ Badge anda. Saya yakin hampir 100% cara ini berhasil pada semua template blog.

Sedikit tambahan...


Cara ini dapat saya pastikan 100% aman, tidak merusak desain blog, apalagi merusak SEO. Cuma ada 1 kendala yang mungkin anda hadapi bila menggunakan cara ini, yaitu loading blog akan bertambah bila dicek di Google PageSpeed Insights, dikarenakan blog harus meload Javascript eksternal tambahan yaitu Javascript milik si widget Google+ Badge tadi.

Oleh karenanya, cukup gunakan widget ini bila memang perlu, atau sebagai penggantinya anda dapat menggunakan widget profil Google+ ringan ini agar terhindar dari masalah kecepatan loading blog.

16 komentar: