5+1 Hal yang Membuat Pengunjung Betah di Blog Anda

    Pernah gak, disaat anda mengunjungi blog orang lain, anda merasa betah sekali di blog tersebut?

    Atau malah sebaliknya, belum juga selesai membaca artikelnya, anda sudah pengen cepet-cepet kabur dari situ?

    Pasti pernah dong...

    ...apalagi akhir-akhir ini banyak netizen yang alay....

    Kita sebagai blogger selalu dituntut agar artikel dan blog yang menarik, agar pengunjung selalu tertarik mendatangi blog kita. Tidak hanya sekedar menarik, tetapi pengunjung juga harus merasa betah.

    Mengapa?

    Karena pengunjung yang tidak betah bisa membuat bounce rate di blog kita meningkat. Sangat berbahaya bagi SEO.

    Sebenarnya, anda sudah mendapatkan 2 poin penting agar pengunjung betah di blog anda bila sudah membaca kalimat diatas tadi, yaitu:
    1. Artikel/Konten yang menarik
    2. Blog yang menarik
    Tapi, apakah 2 poin diatas sudah cukup? Tentu tidak. Berikut 6 hal lainnya yang dapat membuat pengunjung betah berlama-lama di blog anda. Semoga kata demi katanya mudah dimengerti.


    1. Warna blog yang eye-friendly


    Dulu, sekitar tahun 2013-2014, saya sering sekali melihat blog-blog yang menggunakan warna hitam atau gelap sebagai dasarnya. Jangankan mata ibu saya yang melihatnya, mata saya sendiri yang masih muda kurang jelas & fokus melihat tulisannya.

    Nah, dari sini dapat kita simpulkan, penggunaan warna yang tidak eye-friendly dapat menyebabkan pengunjung kesulitan membaca isi dari konten anda... apalagi pengunjung yang datang sudah mengalami mata plus.

    Saran saya, cukup gunakan warna abu-abu terang (#eee), putih (#fff), atau warna-warna flat design sebagai warna dominan di blog anda.

    Sekalipun anda ingin menggunakan warna yang gelap, cukup dipakai hanya pada header dan footer saja, yang lainnya jangan.

    2. Navigasi blog yang baik dan bagus


    Ternyata, peranan navigasi cukup penting bagi sebuah blog. Selain untuk Google agar mudah meng-crawl sebuah website, navigasi yang baik dan bagus juga dapat memperbanyak PV serta membuat pengunjung betah di blog anda.

    Loh, kok bisa? Bisa dong...

    Navigasi yang baik + bagus bisa memudahkan pengunjung berjalan-jalan di blog anda, menyusuri artikel terbaru hingga artikel pertama anda.

    Dan tentunya, pengunjung akan betah berlama-lama di blog anda sambil membaca artikel-artikel menarik yang tersedia di blog anda.

    Oh ya, ngomongin masalah artikel menarik, poin artikel menarik ada di nomor ketiga...

    3. Buat artikel yang semenarik mungkin


    Gak usah panjang lebar, berikut saya berikan contohnya langsung, coba anda baca dua judul berikut.

    7 gambar fenomena alam yang paling mengerikan yang pernah terjadi
    7 gambar fenomena alam yang paling mengerikan yang pernah terjadi, nomor 5 pernah terjadi di Indonesia!

    Saya yakin hampir 100%, teks dengan judul kedua lebih laris dilihat oleh para pengunjung, karena judulnya yang menarik perhatian. Tetapi ingat, boleh membuat judul yang menarik perhatian asal tidak PHP atau berlebihan.

    Judul sudah, sekarang masuk ke isi dari kontennya. Saya mulai dari keyword.

    Anda jangan terlalu terpengaruh terhadap keyword, keyword, dan keyword, serta SERP. Cukup gunakan keyword pada isi dari konten anda pada 100 kata pertama. Sisanya ikuti arus saja...

    Menurut pengalaman saya pribadi, saya dulu pernah membaca artikel yang sulit sekali untuk dimengerti, karena terlalu banyak megandung keyword.

    Sayapun akhirnya berfikir seperti ini....

    Dia pasti nulisnya bukan untuk saya (manusia), tapi untuk robot (Google SERP).
    Atau dia yang robot yah? hehehe

    Saya yakin, walaupun anda tidak terlalu banyak memasukkan keyword, asalkan pengunjung suka saja sama artikel anda tadi, artikel anda dapat masuk ke ranking 1 di SERP. Karena yang Google incar sekarang bukan cuma keyword, tetapi UX (User Experience/Pengalaman Pengguna) juga.

    Dan jangan ketinggalan untuk memberikan gambar, video, dan data yang akurat di dalam artikel anda, agar pengunjung yakin bahwa artikel anda benar-benar benar (eh maksudnya terpercaya).

    Baca juga: 12 Kebiasaan Buruk Blogger Pemula yang Harus Dihindari!

    4. Tampilan blog yang rapih


    Coba sekarang anda lihat gambar dibawah ini:

    blog tidak rapi

    Template blog seperti gambar diatas sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman seperti sekarang. Ya okelah mungkin kalau untuk tahun 2012-2013 lalu template seperti itu sedang banyak peminatnya...

    ...bahkan blog lama saya juga memakai yang seperti itu.

    Pengunjung zaman sekarang (2016-2017) suka dengan tampilan blog yang cerah, fresh, responsif, dan minimalis. Jadi bila sekarang anda masih menggunakan template seperti diatas, segera ganti dengan yang baru.

    Saran saya, bila blog anda bernichekan gado-gado atau CTT (cara-tips-trik), gunakan template yang responsif dan bergaya minimalis seperti EvoMagz buatan mas Sugeng atau Simplify buatan mbak Arlina.

    Sedangkan bagi anda yang bernichekan panduan dan tutorial seperti blog ini, anda dapat menggunakan template yang full-width, mirip-mirip seperti templatenya mas Sugeng, PanduanIM, dan tentunya, template yang saya gunakan sekarang, template Jarwo.

    5. Loading yang cepat


    Zaman semakin berkembang, tapi tetap saja ya di Indonesia jaringannya agak lelet...

    Oleh karenanya, sebagai seorang blogger yang baik, kita juga harus dapat berkamuflase terhadap lingkungan sekitar...

    Maksudnya begini loh, kalau loading blog kita lambat, siapa coba yang betah di blog kita? Setiap kali ngebuka artikel lainnya, loading lagi. Kembali ke beranda, loading lagi. Cafek deh.

    Jangankan betah, mungkin berkunjung aja males...

    Oleh karenanya, ada baiknya bila anda selalu mengecek kecepatan loading blog anda di Google PageSpeed Insights atau GTMetrix. Tapi jangan cuma dicek, kalau ada masalahnya segera diatasi.

    Dan alhamdulillah, saat saya sedang menulis artikel ini, kecepatan loading Blog KodeJarwo sudah sangat memuaskan, yaitu 99% di PageSpeed Insights, dan 88% di YSlow.

    Ya... walaupun dengan sedikit keterbatasan seperti Google+ Badge yang tidak work dan harus tahan tanpa menggunakan FontAwesome, saya tetap rela daripada pengunjung di blog saya yang terkena imbasnya yaitu loading yang super lambat, ya kan?

    6. Membuat hal penarik lainnya...

    Yang Blog KodeJarwo gunakan sekarang sebagai hal penarik lainnya sih, memperbolehkan pengunjung berkomentar menggunakan url blognya, agar mereka mendapatkan backlink sambil berkomentar.

    Tetapi tentunya dengan syarat, yaitu url hanya boleh ditempatkan di nama mereka dan komentar harus relevan...

    Bila tidak, komentar akan segera saya hapus, karena komentar-komentar seperti itu saya anggap sebagai SPAM.

    Selain 'membagikan' backlink seperti cara diatas, ada banyak hal penarik lainnya agar pengunjung betah di blog anda, seperti event di FansPage, bagi-bagi hadiah, live chat, dan lain sebagainya.

    Penutup...


    Bagaimana? Apakah anda sudah melakukan keenam hal diatas? Atau bahkan sudah semua? Apabila jawabannya iya, saya ucapkan selamat dan semoga pengunjung selalu betah di blog anda dan bounce rate di blog anda makin menurun!

    Sumber gambar thumbnail: martaboy.deviantart.com