Mengatasi Gambar Thumbnail Tidak Muncul Saat Share di Whatsapp

    Bila biasanya orang sering mengalami masalah gambar thumbnail yang tidak muncul pada saat ia share link URL di Facebook, kali ini saya ingin berbagi solusi untuk yang tidak muncul di grup chat Whatsapp.

    Whatsapp, siapa yang tidak kenal dengan salah satu aplikasi chatting paling terkenal di dunia. Bahkan, unduhannya sudah mencapai 1 milyar lebih via Playstore, mengalahkan ketenaran Line, BBM, dan Messanger buatan Facebook.

    Sekitar awal tahun 2016 lalu, Whatsapp melakukan update besar-besaran. Salah satu yang paling terkenal di update ini adalah penambahan fitur bookmark pesan dan preview link. Preview link merupakan sebuah fitur dimana ketika seseorang share sebuah link di grup chat, maka link tersebut akan menampilkan previewnya, seperti gambar thumbnail, judul, url, serta deskripsi singkat.

    Biasanya berbentuk seperti ini:

    Preview Link Whatsapp

    Nah masalah yang sering dihadapi para Blogger ialah gambar thumbnail (bila pada gambar diatas yang berwarna merah bertuliskan KJ) sering tidak muncul, sehingga terlihat jelek dan tidak menarik.

    Biasanya, hal tersebut dapat terjadi karena di template anda tidak ada Meta Tag untuk Sosial Media, atau structured data yang kurang tertata atau sudah jadul. Langsung saja, berikut cara mengatasinya.

    Pertama, silakan anda buka Edit HTML, lalu tempatkan kode berikut di bawah tag <head> atau &lt;head&gt;.

    <meta content='URL LOGO BLOG' property='og:image'/>

    Kemudian, cari kode pembuka post hentry, biasanya berbentuk kurang lebih seperti ini:

    <div class='post hentry' itemprop='blogPost' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'>

    Lalu, tambahkan kode berikut tepat dibawahnya:

     <div itemprop='image' itemscope='itemscope' itemtype='https://schema.org/ImageObject'>
      <meta content='URL LOGO BLOG' itemprop='url'/>
     </div>

    Ganti semua tulisan URL LOGO BLOG pada kode diatas dengan url dari gambar anda, harus berekstensi .jpg atau .png agar maksimal. Simpan template dan lihat hasilnya. Silakan anda coba share link blog anda di Whatsapp, semoga gambar thumbnail sudah muncul!

    Tambahan : Saran saya, gunakan template yang sudah siap pakai, jadi anda tidak perlu repot-repot lagi otak-atik HTML agar tidak terjadi error. Disini saya merekomendasikan template saya yang bernama Jarwo SeAMP. Template ini sudah saya atur meta tag nya sedemikian rupa jadi kecil harapan bisa terjadi error seperti ini.