Membuat Subdomain di Blogger dari IDwebhost

    Hari ini lagi-lagi saya kehilangan ide untuk update artikel, jadi eksperimen lagi. Kali ini saya bereksperimen sambil membuat subdomain di custom domain blogger.

    Dan akhirnya, saya punya ide untuk membuat tutorial seputar cara membuat subdomain di custom domain blogspot, dengan catatan dari IDwebhost karena saya membeli domain dari sana. Tapi ada baiknya kita melakukan sedikit "perkenalan pemanasan" sebelum masuk ke caranya ya...

    Subdomain merupakan sebuah sub dari sebuah domain. Dengan kata lain, bila domain anda beralamatkan example.com, maka subdomain anda dapat berbentuk abc.example.com, xyz.example.com, jarwo.example.com, dan lain-lain sesuai keinginan hati anda.

    Subdomain memiliki beberapa keunggulan, seperti gratis, spesifikasi (seperti DA, PA, & Alexa) tetap mengikuti domain, dan instalasinya yang cukup gampang. Subdomain sangat cocok bagi anda yang ingin membuat banyak niche dalam 1 brand.

    Contohnya anda memiliki blog dengan domain kodejarwo.com. Lalu, anda ingin memasukkan banyak niche, sehingga niche dan subdomain menjadi seperti ini:

    • Kesehatan
      health.kodejarwo.com
    • Teknologi
      tech.kodejarwo.com
    • Kehidupan
      life.kodejarwo.com
    • Berita
      news.kodejarwo.com
    • dan lain-lain...


    Dan ingat, membuat subdomain itu gratis! Tidak perlu membayar uang tambahan seperti membeli domain baru...

    Langsung saja, berikut panduan membuat subdomain di blogger.

    Cara Membuat, Memasang, dan Setting Subdomain di Blogger dari IDwebhost


    1. Pembuatan blog subdomain


    Hal yang paling utama untuk anda lakukan adalah membuat blog baru yang nantinya akan dijadikan subdomain. Caranya sama seperti membuat blog biasa, buka blogger.com, tekan blog baru, masukkan nama dan URL blog, selesai.

    2. Setting nama subdomain


    Masih di dashboard blogger blog subdomain tadi, masuk ke Setelan > Dasar. Pada bagian Publikasi > Alamat Blog, tekan pada bagian Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.

    Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda

    Kemudian, pada bagian kotak blog domain, isikan alamat subdomain anda disana. Contohnya seperti pada gambar dibawah ini:

    Mengisi Alamat Sub domain

    Kemudian tekan simpan, dan nanti tampilannya menjadi seperti ini:

    Mencatat Kode DNS

    Mohon disimak dengan baik kotak-kotak berwarna pada gambar diatas. Tiap template memiliki kode yang berbeda, jadi disesuaikan dengan subdomain anda. Simpan kode yang terdapat pada kotak tersebut di catatan anda secara berurutan, sehingga kurang lebih catatan anda berbentuk seperti ini.
    • Hijau
      tugas
    • Biru
      ghs.google.com
    • Merah dan kuning itu sunnah aja. Kalau sampai cara terakhir selesai dilakukan tetap tidak work, baru tanyakan ke saya dan cantumkan isi dari kotak merah dan kuning ke kolom komentar di artikel ini.

    Setelah itu, lanjut ke cara ketiga.

    3. Setting DNS


    Sekarang, buka Client Area di IDwebhost nya, untuk yang mau cepat silakan buka link ini: https://member.idwebhost.com/clientarea.php?action=domains. Setelah itu, pilih salah satu domain utama anda yang ingin ditambahkan sub nya tadi. Klik tanda panah di sebelah kelola domain, lalu tekan Manage Nameservers.

    Area Klien IDwebhost

    Nanti anda akan dibawa ke halaman baru. Di halaman tersebut ada menu Alat Pengelolaan, tekan, lalu pilih Kelola DNS.

    Nameserver

    Nanti anda akan dibawa ke halaman baru lagi, nah di sinilah kode yang sudah anda catat tadi dipakai.

    Buat sebuah CNAME baru dengan format seperti berikut:

    Membuat CNAME baru

    Kotak yang berwarna hijau di gambar diisi dengan catatan anda yang berwarna hijau. Sama seperti itu juga, kotak biru di gambar diisi dengan catatan yang berwarna biru (biasanya isinya ghs.google.com)

    Tekan simpan perubahan, dan tunggu beberapa saat. Saya sempat menanyakan ke CS IDwebhost, paling cepat proses konfigurasi subdomain berkisar 10 menit, paling lambat 16 jam.

    4. Penyelesaian


    Kembali lagi ke blogger, tekan simpan pada setelan domain tadi. Bila sudah bisa tersimpan, maka selamat, subdomain anda sudah jadi dengan sempurna. Bila belum, harap tunggu beberapa menit hingga jam kedepan.

    Bagaimana? Mudah saja bukan membuat subdomain di blogger? Tentunya blog anda sudah dibuat custom domain bila ingin membuat subdomain ini. Bila belum, sudah bisa dipastikan tidak bisa...