Pengertian Noindex, Nofollow, Noarchive, dan Nosnippet di Tag Blogger

    Jangan salah, Google bot tidak sembarangan dalam mengindeks suatu halaman. Pertama ia melihat terlebih dahulu, apa perintah yang diberikan oleh pemilik suatu halaman, apakah noindex, nofollow, dan sebagainya. Lalu, melihat faktor-faktor penting lainnya.

    Biasanya perintah-perintah tag robot ini terletak pada bagian robots.txt suatu blog. Anda juga dapat mengaturnya dengan mudah tanpa membuka robots.txt,yaitu dengan menu Tag Robot Khusus pada bagian Setelan Entri di Blogger.

    Contoh Tag Robot Khusus Blogger

    Bisa anda lihat pada gambar diatas, disana terdapat banyak sekali perintah, seperti all, noindex, nofollow, none, dan sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini, saya khusus ingin membuat artikel seputar pengertian dari perintah Noindex, Nofollow, Noarchive, dan Nosnippet saja. Mari kita simak.

    Pengertian Noindex, Nofollow, Noarchive, dan Nosnippet di Tag Robot Khusus Blogger


    1. Noindex


    Secara harfiah, noindex berarti kita melarang mesin pencari (seperti robot Google) untuk mengindeks halaman tertentu. Dengan kata lain, bila anda menggunakan tag noindex, berarti halaman tersebut selamanya tidak akan bisa terindeks dan muncul di halaman pencarian.

    Jadi, jangan pakai tag ini sembarangan, ya!

    2. Nofollow


    Berbeda dengan noindex, nofollow memiliki arti bahwa kita melarang mesin pencari untuk mengikuti sebuah link. Misalkan dalam artikel anda terdapat sebuah link nofollow, itu berarti link tersebut tidak memiliki nilai apa-apa di mesin pencari, misal tidak mempengaruhi rangking di SERP.

    Link nofollow hampir sama dianggap "tidak ada" oleh mesin pencari. Nofollow ini sangat bagus dipakaikan untuk link-link yang tidak menambah nilai baik ke blog seperti author comment, link ke fanspage atau media sosial, forum, dan sebagainya.

    Kebalikan dari nofollow adalah dofollow.

    3. Noarchive


    Noarchive memiliki pengertian sebagai "tidak diarsipkan". Cobalah sekarang anda ketikkan di Google dengan keyword "Kode Jarwo".

    Contoh Arsip di Google

    Lihat pada gambar diatas, di sebelah URL blog saya terdapat tanda panah ke bawah. Bila anda tekan, maka anda akan dialihkan ke blog Kode Jarwo. Terlihat biasa saja, padahal blog Kode Jarwo yang anda lihat adalah blog dalam tampilan lama, bukan yang sekarang.

    Inilah yang dinamakan arsip, alias tampilan yang dulu. Bila anda tidak mau menu arsip ini muncul, silakan gunakan perintah Noarchive.

    4. Nosnippet


    Yang terakhir ialah Nosnippet. Nosnippet memiliki arti sebagai tanpa deskripsi. Jadi, bila anda mengaktifkan perintah nosnippet, deskripsi artikel anda tidak akan muncul di mesin pencari. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar contoh dibawah ini:

    Tanpa Snippet

    Bagaimana? Apakah anda sudah cukup tercerahkan dengan artikel seputar pengertian Noindex, Nofollow, Noarchive, dan Nosnippet kali ini?