Cara Memasang HTTPS Gratis Untuk Custom Domain Blogger

    SSL, singkatan dari Secure Socket Layer memiliki pengertian singkat sebagai sebuah protokol yang berfungsi untuk menyediakan jalur komunikasi yang aman di internet. Dengan artian orang lain tidak dapat menyusupi anda ketika sedang berseluncur di internet guna mengetahui informasi-informasi penting tentang anda, sehingga data anda aman.

    SSL sendiri memiliki peranan yang... mungkin dapat saya katakan sedikit penting bagi sebuah blog karena saya pernah membaca di sebuah artikel bahwa penggunaan SSL dapat meningkatkan SEO sebuah blog.

    Lanjut ke topik, kali ini saya akan membagikan cara mendapatkan SSL secara gratis di blogger untuk custom domain. Mengapa hanya untuk custom domain? Ya karena domain yang masih ada blogspotnya memang sudah bisa menggunakan fitur ini...

    Caranya sangat gampang sekali...

    Sekarang, buka link berikut ini: draft.blogger.com

    Kemudian, anda akan dibawa menuju ke dashboard blogger biasa.

    Kelihatannya memang dashboard yang ada di blogger dan blogger draft ini sama saja, padahal ada yang berbeda yaitu anda dapat mengaktifkan fitur SSL pada mode draft ini.

    Langkah berikutnya, silakan anda masuk ke Setelan > Dasar. Pada setelan HTTPS, ubah ketersediaan HTTPS menjadi "Ya". Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah ini.

    Cara Memasang HTTPS Gratis Untuk Custom Domain Blogger

    Kemudian, tunggu beberapa saat. Sambil menunggu, anda juga sambil mengecek blog anda yang versi HTTPS nya, apakah sudah bisa diakses atau belum. Biasanya sudah bisa diakses paling lambat 2 jam.

    Bila sudah bisa diakses, kembali lagi ke setelan HTTPS.

    Cara Memasang HTTPS Gratis Untuk Custom Domain Blogger


    Sekarang ubah pengaturan Pengalihan HTTPS menjadi "Ya". Hal ini bertujuan agar setiap pengunjung yang datang ke blog anda akan dialihkan ke versi HTTPS.

    Selesai, kini blog anda sudah memakai SSL gratis. Oh iya perlu diingat, penggunaan SSL ini dapat menyebabkan beberapa widget pihak ketiga di blog anda mengalami error atau tidak work serta anda disarankan untuk mensubmit ulang blognya di Webmaster.