Blogger, salah satu platform web yang paling saya sukai. Tentunya dengan beralasan karena banyaknya widget yang disediakan dan mudahnya cara pemasangannya. Salah satu widgetnya yaitu widget Contact Form.

    Nah kali ini, saya akan membagikan tutorial cara mengatasi widget contact form yang tidak berfungsi disaat ingin mengirimkan pesan. Sebetulnya saya tidak pernah kepikiran mau membuat tutorial ini, tetapi saya disarankan oleh Muhammad Ridwan, admin di SaranPelajar.

    Widget ini sendiri bisa tidak work dikarenakan anda menggunakan template yang mematikan fungsi Javascript pihak ketiga oleh blogger, atau anda sendiri yang secara tidak sengaja mematikannya, sehingga widget menjadi tidak berfungsi.

    Nah solusinya mudah saja, anda hanya tinggal menghidupkan kembali Javascriptnya. Bagi yang tidak tau atau lupa caranya, silakan disimak panduan berikut ini.

    Solusi agar bisa work lagi...


    Pertama, silakan anda login ke blogger.com

    Lalu pada dashboard blogger, klik menu Tema, kemudian pilih Edit HTML.

    Kemudian akan bermunculan banyak kode. Klik disembarang kode, kemudian tekan Ctrl + F. Maka nanti akan muncul kotak pencarian. Pada kotak pencarian, cari kode berikut ini:

    &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

    Atau yang mirip. Bila sudah ketemu, silakan ganti kode tersebut menjadi:

    </body>

    Selesai, simpan tema.

    Sekarang, silakan anda cek widget contact form di blog anda. Saya bisa pastikan widget sudah tidak error lagi dan dapat mengirim pesan ke gmail anda.