Cara Mudah Bang Jarwo Dapat Sitelink dari Google

    Anda tahu Sitelink? Sitelink adalah kumpulan link-link terkait suatu blog yang muncul di hasil pencarian Google ketika kita mengetikkan nama blog tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar diatas. Sitelink ini mulai munculnya pada tahun 2005 silam, kemudian baru diperkenalkan namanya oleh Google pada kisaran bulan September tahun 2007.

    Sitelink bukanlah hal biasa, tetapi luar biasa.

    Mengapa?

    Jelas, karena Google tidak memberikan Sitelink kepada semua blog/website. Google hanya akan memberikan Sitelink kepada blog dan website-website tertentu yang sesuai dengan algoritmanya.

    Nah yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan oleh para master SEO dan web adalah, bagaimana cara kerja algoritma Sitelink tersebut? Karena Google sama sekali tidak pernah membocorkan cara kerja algoritma ini, sehingga cara mendapatkan Sitelink masih tergolong misteri.

    Jadi disini saya terangkan kepada anda, bila anda pernah membaca artikel lain yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan Sitelink itu blog harus SEO, backlink banyak, template yang simpel atau harus bawaan Blogger, bervisitor 1000 perhari, dan sebagainya, itu semua tidak salah...

    ...karena itu semua hanyalah saran. Boleh anda lakukan, boleh tidak, selama tidak melanggar aturan Google.

    Tetapi disini saya akan memberikan sedikit tips agar blog anda memiliki Sitelink, didasarkan kepada pengalaman yang saya alami sendiri, dikarenakan blog Kode Jarwo ini sudah mendapatkan Sitelink dari Google hanya dalam rentang waktu 1 bulan, dengan umur blog yang masih 7 bulan.

    Saya juga sempat melakukan sedikit perbandingan dan studi kasus blog Kode Jarwo dengan blog saya yang lainnya, yaitu sebagai berikut:

    1. Blog Pertama (Kode Jarwo)
      • Dibuat pada awal bulan Februari 2017, atau berumur sekitar 7 bulan sampai akhir studi kasus saya
      • Visitor sekitar 400-600 perhari, dengan PageViews 600-700 perhari (Traffic Google)
      • Domain .com alias berbayar
      • DA dan PA masih 1
      • Update artikel setiap minggu
    2. Blog Kedua (Saladinez)
      • Dibuat pada kisaan pertengahan 2016, atau berumur sekitar 1 tahun lebih sampai akhir studi kasus saya
      • Visitor sekitar 50-100 perhari, dengan PageViews 75-100 perhari (Traffic Google)
      • Domain gratisan dari blogger
      • DA 75-90 dan PA 20-30
      • Jarang update, sekitar 1-3 bulan baru saya update

    Dan blog yang mendapatkan Sitelink adalah Blog Kode Jarwo. Ya, saya mendapatkan Sitelinknya hanya memerlukan waktu 1 bulan sejak saya membeli domain dan awal aktifnya blog ini (pertengahan bulan Juli sampai pertengahan bulan Agustus).

    Kesimpulan Pertama: FAKTA


    Dari perbandingan 2 blog diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa untuk mendapatkan Sitelink secara cepat di Google, saran saya anda melakukan hal-hal berikut:
    1. Rajin update artikel, minimal 1 artikel per minggu
    2. Berdomain TLD, dan
    3. Usahakan, visitor dinaikkan dari sebelumnya

    Sudah, itu saja. Sekali lagi saya tegaskan, 3 poin diatas hanyalah saran, karena sampai sekaran tidak ada yang tahu pasti bagaimana algoritma Sitelink.

    Mungkin yang terpikirkan di benak anda adalah saya melupakan 1 hal, yaitu SEO. Ya, karena saya hanya menerapkan SEO Dasar untuk kedua blog diatas. Berbeda jauh dengan pendapat orang lain yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan Sitelink blog anda SEOnya harus dibuat semaksimal mungkin.

    Jangankan semaksimal mungkin, saya saja hanya mensubmit sitemap di Webmaster, mengatur tag heading, dan alt untuk setiap gambar. Tidak ada yang seperti mencari backlink, setting robots.txt, share link ke Media Sosial, dan lain-lain.

    Kesimpulan Kedua: MITOS?


    Pada kesimpulan kedua ini, saya akan menyajikan beberapa pernyataan yang salah untuk mendapatkan Sitelink dari Google, yaitu sebagai berikut:
    1. Blog harus mempunyai DA dan PA tinggi
    2. SEO blognya harus maksimal
    3. Umur blog yang sudah tua
    4. Template bawaan blogger

    Mengapa saya berani mengatakannya salah? Karena saya sudah membuktikannya sendiri...