Mengatasi Leverage Browser Caching plusone.js PageSpeed Insights

    Leverage Browser Caching, tidak ada habis-habisnya untuk dibahas. Memang, masalah ini lumayan banyak tipenya dan cukup sulit untuk ditangani (bagi yang masih awam)...

    Penjelasan


    Leverage Browser Caching atau dalam bahasa Indonesianya memanfaatkan penyimpanan cache browser adalah satu dari 10 masalah kecepatan loading blog di Google PageSpeed Insights yang disebabkan oleh settingan penyimpanan cache di suatu blog untuk browser.

    Untuk lebih jelasnya tentang Leverage Browser Caching sudah pernah saya bahas didalam artikel ini.

    Singkatnya, setiap blog yang berplatform Blogger pasti memiliki Javascript bawaan yang bernama PlusOne. Javascript ini berfungsi agar ketiga widget Google+ (Lencana, Pengikut, dan +1) di Blogger dapat bekerja dengan baik.

    Nah masalahnya ialah, script tersebut diload secara synchronous sehingga menyebabkan loading blog bertambah. Anehnya lagi script ini tidak dapat anda temukan dengan mengeceknya di Edit HTML, sehingga lumayan sulit agar script ini dapat hilang. Anda harus menginspect secara manual agar dapat menemukannya.

    Cara Mengatasi


    Untungnya, para pakar Blogger mau berbagi ilmunya untuk mengatasi masalah ini. Caranya cukup gampang, kita hanya perlu "memanipulasi" tag akhir body yang ada sehingga menjadi tidak terbaca tetapi tetap ada.

    Mengapa harus tag akhir body? Dikarenakan script ini melekat pada tag tersebut.

    Nah disini saya akan memberikan cara menghapus kode tadi dan menggantinya menjadi diload secara asynchronous.

    Sebelum melanjutkan ke cara mengatasinya, saya ingin menerangkan sedikit bahwa cara yang akan saya berikan ini tidak akan membuat ketiga widget Google+ (Lencana/Badge, Pengikut, dan +1) di blog anda rusak/blank.


    Lanjut, berikut caranya.

    • Pertama, silakan anda buka blogger.com, Tema, lalu Edit HTML.
    • Kemudian, klik di sembarang kode, dan ketik CTRL + F. Nanti akan muncul kotak pencarian, tulis </body>
    • Setelah ketemu, silakan hapus dan ganti kode tersebut menjadi:

    &lt;!--</body>--&gt; &lt;/body&gt;

    • Simpan template dan lihat hasilnya di Google PageSpeed Insights.

    Bagaimana? Apakah cara diatas dapat bekerja dengan sempurna? Bila terjadi kesalahan dalam penulisan kode atau kata mohon segera diberi tau ke saya agar cepat di moderasi.